oleh

Ingat, Masyarakat Harus Ikut Awasi Pilkada !

radarlampung.co.id – Bawaslu Bandarlampung mengadakan rapat koordinasi persiapan pilwakot 2020 bersama stakeholder di Hotel Arnes,  Senin (25/11).

Anggota Bawaslu Lampung Divisi Hukum,  Tamri Suhaimi mengatakan,  untuk memaksimalkan pengawasan di tingkat kabupaten/kota termasuk di Bandarlampung sangat perlu bantuan dari masyarakat dan para stakeholder. Hal tersebut lantaran keterbatasan personel di tingkat paling bawah,  hingga ke tingkat daerah.

“Pengawas kekurangan personel sebenarnya. Pengawas hanya satu per TPS,  jika tidak dibantu saksi dan masyarakat,  maka petugas TPS kita sangat kesulitan. Belum lagi dibatasi dengan SDM yang minim, ” ujarnya.

Dia mengatakan,  untuk mewujudkan efektifitas penyelenggaraan pengawasan Pilwalkot, serta pemantapan kesiapan dan perkuatan koordinasi lembaga pengawas pemilu bersama stakeholders harus menjalin sinergi.

Baca :   Ujicoba e-Rekap,  KPU Bandarlampung Tunggu Instruksi

“Peran serta masyarakat, penting dalam pengawasan pilkada, oleh karena itu sampaikan pelanggaran kepada kami, sehingga kami bisa melakukan penindakan. Sebab telinga Ormas terutama Media bisa lebih tajam ketimbang pengawas itu sendiri, ” kata Tamri Suhaimi anggota Bawaslu Lampung.

Tamri melanjutkan,  ke depannya dia menekankan agar rekrutmen pengawas dari tingkat Kecamatan hingga ke level paling bawah bisa benar-benar melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan regulasi yang berlaku. “Sebab,  kita ingin memastikan semua tahapan bisa terlaksana, ” kata dia.

Selain itu,  Tamri bilang,  pemkot juga memiliki peran penting dalam kontestasi pilkada di mana,  dalam konteks mengantisipasi pelanggaran yang dilakukan ASN. “Meskipun tidak ada petahana tapi ada sosok yang dekat dengan petahana dan sudah mendeklarasikan diri sebagai balon Walikota. Tentunya koordinasi antara Bawaslu dan Pemkot bisa berjalan untuk melaksanakan Pilwakot yang kondusif, ” imbuhnya.

Baca :    Rekrutmen Panwascam Bandarlampung, Kemiling-Sukabumi Paling Diminati

Sementara,  Anggota Bawaslu  Bandarlampung  Kordiv. Hukum Data dan Informasi, Yusni Ilham mengatakan, pentingnya peran masyarakat dalam pengawasan Pilkada. “Indikator keberhasilan pilkada itu ada dua yakni partisipasi masyarakat tinggi dan substansi pengawasannya lancar.  Meskipun saat ini  jumlah pengawas minim,  di tingkat kelurahan itu hanya satu orang,  tentunya sangat butuh masyarakat, ” kata dia. (abd/wdi)



Komentar

Rekomendasi