oleh

KPU Kota Bandarlampung Target Partisipasi Pemilih Meningkat

radarlampung.co.id – Pasca dilantik, KPU kota Bandarlampung melakukan berbagai persiapan menuju Pilwakot Bandarlampung,  tahun depan.  Ketua KPU kota Bandarlampung,  Dedy Triadi menyampaikan setelah dilakukan pembagian Divisi dan koordinator,  pihaknya melakukan konsoludasi internal dan rapat koordinasi dengan staf,  kasubag dan sekretaris.

“Langkah awal kita tentunya koordinasi secara internal. Tadi sudah kita lakukan terkait persiapan tahapan pilkada, ” kata dia,  Senin (25/11).

Dedy melanjutkan,  salahsatu yang menjadi fokusnya adalah tingkat partisipasi pemilih. Di mana pada pilwakot tahun 2015 yang memenangkan pasangan Herman HN-M.Yusuf Kohar,  tingkat partisipasi pemilih hanya 66, 8 persen dari total daftar pemilih tetap. Kendati belum memasang penetapan target,  dia mengaku sudah barang tentu akan berupaya meningkatkan partisipasi pemilih pada pilwakot tahun depan.

Baca :   Awas ! Tiga Kecamatan di Bandarlampung Ini Rawan Politik Uang

“Untuk target belum kami tetapkan berapanya. Tapi,  akan dibahas dalam diskusi kepemiluan yang digagas pada Desember ini, “ucapnya.

Dedy bilang,  upaya yang bakal dilakukan dalam peningkatan partisipasi pemilih adalah dengan berbagai inovasi melalui sosialisasi literasi dan edukasi kepada publik. “Sasaran kami publik,  terutama segmentasi pemilih pemula,  disabilitas,  kelompok marjinal,  minoritas,  kaum perempuan dan tokoh agama, ” paparnya.

Baca :   DPR RI Pantau Kesiapan Pilwakot Bandarlampung

Dalam waktu dekat,  kata Dedy,  pihaknya bakal memfasilitasi pemira di Universitas Lampung dan Politeknik Negri Lampung sebsgai salahsatu desain sosialisasi kepada pemilih pemula dan Mahasiswa.

“Kita akan membantu pansus pemira dalam menyusun tahapan pemira mulai pendaftaran pasangan calon, debat kandidat,   hingga pemunggutan dan rekapitulasi suara, ” ucapnya. (abd/wdi)



Komentar

Rekomendasi