oleh

Kunjungi Pemprov Lampung, Ketua DPR RI Bahas Hal Ini

radarlampung.co.id – Kunjungan kerja (Kunker) Ketua DPR RI Puan Maharani ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung ternyata membahas beberapa hal. Itu diakui Puan usai melakukan Kunker tertutup di Ruang Rapat Utama (Rupatama) Pemprov Lampung, Selasa (26/11).

“Ya ini kunjungan ketua DPR beserta dengan anggota DPR, pimpinan-pimpinan komisi, juga pimpinan DPR terkait fungsi pengawasan. Karena tentu saja, yang menjadi salah satu tanggung jawab dari DPR untuk melihat secara langsung ke daerah apa yang sudah dilakukan Gubernur dan Forkopimda provinsinya terkait dengan program-program yang kemarin sudah dilakukan dan akan dilakukan,” ungkap Puan.

Dalam kesempatan itu, Puan juga mengaku mempertanyakan kesiapan Pemprov Lampung bersama Forkopimda terkait semakin dekatnya libur Natal dan Tahun baru di akhir tahun ini.

“Jadi ini tadi saya menanyakan bagaimana kesiapan keamanan dan (pos) kesehatan arus mudik menjelang Natal dan tahun baru, karena ini sudah dekat. Termasuk juga bagaimana kesiapan semua program infrastruktur yang sudah terbangun seperti rest area dan lain sebagainya. Termasuk persoalan narkoba jangan sampai kemudian hal ini mengganggu pengawasan tersebut,” tambahnya.

Tidak hanya itu, Puan juga mengungkapkan dalam pertemuan tersebut juga dibahas masalah pertanian di Lampung dan beberapa program unggulannya.

“Tadi kami menanyakan tadi juga menanyakan terkait dengan beberapa program pembangunan di Lampung, jadi apa kebutuhannya, bagaimana dan apa manfaatnya bagi masyarakat yang penting yaitu bahwa harus ada sinergi. Karena kalau sudah ada sinergi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah tugas DPR adalah untuk mengawasi apakah pembangunan itu memang berjalan dan bermanfaat untuk masyarakat yang ada di Lampung,” lanjutnya.

Beberapa bahasan ini ditanggapi positif Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Menurutnya, memang dibutuhkan sinergitas Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

“Selamat datang kepada Ketua DPR RI Puan Maharani beserta rombongan di Provinsi Lampung. Semoga kunjungan ini dapat berjalan lancar, sukses, dan mencapai sasaran program kerja bagi Provinsi Lampung dan Indonesia,” ujar Arinal.

Terkait arus mudik, Natal dan Tahun Baru, Arinal menyampaikan akan melakukan peningkatan keamanan di Provinsi Lampung dengan terus melakukan sinergi dengan jajaran Forkopimda Provinsi.

“Dukungan Pemprov Lampung dalam meningkatkan keamanan di antaranya melalui dana hibah terkait kenakalan remaja dan radikalisme. Kemudian melakukan peningkatan kemampuan SDM dari sisi moral seperti upaya Lampung Mengaji, serta mengembangkan ekonomi kreatif,” tambah Arinal.

Selain itu, Arinal juga memaparkan potensi Provinsi Lampung kepada jajaran pimpinan DPR RI. Gubernur mengatakan, Provinsi Lampung memiliki posisi strategis sebagai pintu gerbang Sumatera dan berkontribusi menyuplai kebutuhan DKI Jakarta sekitar 40 persen.

“Selain itu, Provinsi Lampung juga memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang sangat luar biasa, seperti keindahan alam yang mampu menarik wisatawan ke Provinsi Lampung. Untuk itu, Lampung akan menjadi destinasi pariwisata bertaraf Nasional yang mampu menarik sekitar 30 persen masyarakat Jakarta untuk dapat menikmati keindahan wisata Lampung seperti wisata bahari dan eco tourism,” tandasnya.

Di bidang energi, lanjut Arinal, Pemprov Lampung melakukan kerjasama dengan PLN dalam memenuhi kebutuhan energi. Selain itu, melakukan kerjasama dengan investor membangun instalasi pengolahan sampah menjadi energi listrik berbasis teknologi ramah lingkungan (PLTSa). Dan ini pertama kalinya diterapkan di Indonesia.

“Lampung juga akan memiliki energi panas bumi (geothermal) yang dapat menjadi pembangkit tenaga listrik ramah lingkungan ke depannya,” imbuhnya.

Lebih dari itu, Gubernur Arinal juga mengungkapkan bahwa Provinsi Lampung memiliki potensi yang sangat luar biasa di sektor pertanian dalam artian luas. “Hampir semua produk pertanian Lampung dalam artian luas masuk dalam 10 besar Nasional, seperti Padi, Jagung, Kopi, dan bahkan ada yang internasional seperti Nanas,” pungkasnya.(rma/kyd)



Baca :   DPR RI Pantau Kesiapan Pilwakot Bandarlampung

Komentar

Rekomendasi