oleh

Lambar Terima Bantuan OPAL

radarlampung.co.id – Mulai tahun ini, Kementerian Pertanian melaksanakan program Obor Pangan Lestari (OPAL). Untuk Lampung Barat, mendapatkan tiga unit OPAL melalui provinsi. Bantuan dialokasikan ke Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perkebunan dan Peternakan serta Dinas Tanaman Pangan dan Hortkultura (DTPH).

Kasi Pengolahan dan Pemasaran Ulian Hamdi mendampingi Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Agustanto Basmar mengatakan, melalui program OPAL, seluruh kantor lingkup Kementerian Pertanian dan dinas lingkup pertanian provinsi/kabupaten/kota memanfaatkan area perkantoran dengan menanam berbagai komoditas.

“Sebagai percontohan awal OPAL, telah dilaksanakan di kantor Dinas Ketahanan Pangan serta Dinas Perkebunan dan Peternakan. Di sini kita melakukan penanaman secara hidroponik,” kata Ulian, Selasa (26/11).

Baca :   HARI IBU

Dilanjutkan, tujuan jangka pendek pelaksanaan OPAL adalah pemanfaatan lahan perkantoran sebagai penyedia pangan dan sebagai percontohan untuk masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan.

Jangka panjang, untuk meningkatkan penyediaan sumber pangan keluarga yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA), meningkatkan kualitas konsumsi masyarakat, meningkatkan pendapatan rumah tangga, meningkatkan akses pangan keluarga, konservasi sumber daya genetik lokal, dan mengurangi jejak karbon serta emisi gas pencemar udara. (lus/ais)



Komentar

Rekomendasi