oleh

Tanggulangi Sampah Plastik, Siswa SD dan SMP se-Tubaba Dapat Botol Tumbler

radarlampung.co.id-Berbagai terobosan terus  dilakukan Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) dalam upaya melakukan pengurangan dan penanggulangan sampah plastik di daerah setempat. Kali ini, upaya nyata yang dilakukan adalah membagikan Tumbler (botol minuman) kepada siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-Tubaba. Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 29.600 botol akan dibagikan kepada siswa secara gratis, bahkan pembagian tumbler ini disebut-sebut akan memecahkan Rekor MURI.

Asisten Bidang Pemerintahan Pemkab Tubaba Agus Subagio, S.Sos mengatakan, pembagian tumbler kepada siswa SD dan SMP tersebut akan dilaksanakan serentak di 3 (tiga) titik pada Kamis (28/11) mendatang.”Lokasi pertama di Lapangan Pemda Tubaba, kedua di Lapangan Tiyuh  Kibang Budi Jaya Kecamatan Lambu Kibang, dan lokasi ketiga di Lapangan Tiyuh Tunas Jaya Kecamatan Gunung Agung,”ungkapnya saat memimpin Rapat Persiapan di Aula Utama Lantai III Gedung Sekretariat Pemkab Tubaba, Senin (25/11).

Rapat dihadiri seluruh Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah SD dan SMP se-Tubaba.

Baca :   UMK Tubaba Tunggu SK Gubernur

Di lokasi pertama akan diikuti oleh sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Tulang Bawang Tengah, Tulang Bawang Udik, dan Tumijajar, lokasi kedua di Lapangan Tiyuh Kibang Budi Jaya untuk sekolah di wilayah Kecamatan Lambu Kibang, Pagar Dewa, dan Way Kenanga. Sementara di Lapangan Tiyuh Tunas Jaya akan dilakukan pembagian tumbler kepada sekolah-sekolah yang ada di Kecamatan Gunung Agung, Batu Putih, dan Gunung Terang.”Kita berharap kegiatan ini berjalan lancar,”imbuhnya.

Plt. Kepala Disdik Tubaba, Budiman Jaya, S.STP, M.IP menjelaskan bahwa program ini merupakan langkah nyata dari pemerintah dalam upaya penanggulangan sampah di Tubaba, terutama sampah plastik yang berasal dari minuman kemasan plastik. Selain itu, lanjutnya, adalah dalam rangka membiasakan pola hidup sehat dengan sering minum air mineral yang bersih dan sehat.”Pelaksanaan program ini akan masuk rekor MURI. Untuk itu, diharapkan kerjasamanya kepada semua pihak yang terlibat, agar kegiatan ini bisa berjalan sukses,”singkatnya.

Baca :   2020, Tubaba Ditargetkan Jadi Kabupaten ODF

Diketahui, Pemkab Tubaba saat ini tengah gencar menggalakkan Gerakan Mengurangi Sampah Plastik, mengingat ini sudah menjadi permasalahan dunia. Bahkan sebagai bentuk aksi nyata gerakan tersebut, di kantor-kantor OPD di Lingkungan Pemkab Tubaba saat ini tidak lagi diperbolehkan menyiapkan air minum kemasan, melainkan membawa botol minum atau tumbler. Dalam hal ini, Pemkab bermaksud mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mengurangi sampah plastik.(fei/rnn/wdi)



Komentar

Rekomendasi