oleh

Himapik Unila Buka Taman Bacaan di Pulau Pahawang

radarlampung.co.id- Masih kurangnya akses pendidikan dan buku-buku bacaan bagi anak-anak di Desa Kalangan Pulau Pahawang, menarik kepedulian Himpunan Mahasiswa Perikanan (Himapik) Universitas Lampung untuk membuka taman bacaan di Desa Kalangan, Pulau Pahawang, Minggu (24/11) lalu.

Ketua pelaksana PASIR, Septian Mulya Pratama menjelaskan, dari praktikum lapang, dan kuisioner yang dilakukan di desa tersebut, ditemukan hal-hal yang kurang, dan perlu dikembangkan dari desa tersebut, salah satunya pendidikan, dan pihaknya juga membuka taman bacaan.

“Dari hasil survey, memang kurangnya pendidikan di sana, untuk sekolah pun mereka harus menyebrang pulau. Oleh karena itu, kami memberikan pelayanan fasilitas taman baca ini untuk menambah wawasan anak-anak di Desa Kalangan. Dari hasil survey kita sebelum mengadakan acara inin masyarakat memang sangat membutuhkan buku bacaan untuk menambah wawasan anak-anak mereka,” jelasnya, Rabu (27/11).

Baca :   44 Insyiur PPI Unila Dikukuhkan

Ia menuturkan, taman bacaan yang berisi buku-buku pelajaran, maupun buku cerita didapat dari hasil sumbangan masyarakat, dan juga donasi dari El hana. Menurutnya, antusias anak-anak pesisir di Desa Kalangan sangat tinggi, terlihat mereka ikut berpartisipas dari setiap susunan kegiatan.

“Respon anak-anaknya sangat senang, mereka sangat semangat ketika diajak bermain maupun belajar, aktif ketika diberikan pertanyaan, dan tidak malu untuk bertanya. Mereka juga mayoritas bisa membaca dan menulis namun anak-anak yang belum sekolah sekitar usia 4 tahun itu memang belum bisa membaca, tetapi mereka sudah mengenal huruf dan angka,” terangnya.

Baca :   44 Insyiur PPI Unila Dikukuhkan

Pihaknya berharap, dari kegiatan itu, mahasiswa dapat melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang membutuhkan untuk menjadikan desa/ daerah di Indonesia menjadi lebih baik.

“Semoga kegiatan ini menjadi pemicu agar mahasiswa lainnua juga sadar betapa pentingnya peran yang dimiliki mahasiswa dalam perkembangan daerah menjadi lebih baik lagi,”pungkasnya. (rur/



Komentar

Rekomendasi