oleh

KAI Dukung Pembangunan Flyover-Underpass Tahun 2020

radarlampung.co.id – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mendukung rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung membangun underpass dan dua flyover tahun 2020.

Manajer Humas Divisi Regional IV Tanjungkarang (Divre IV TNK) PT KAI (Persero) Sapto Hartoyo mengatakan, rencana tersebut karena sejalan dengan perundang-undangan yang ada.

“Kami sangat mendukung sekali, karena itu sesuai dengan UU 23 Tahun 2007 tentang perkerataapian dan PP 56/2009 yang intinya melarang adanya perintasan sebidang melintasi jalur kereta api,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (27/11).

Menurutnya, dengan adanya rencana tersebut berarti Pemkot telah melindungi perlintasan perkeretaapian, dengan membangun perintasan berupa underpass atau flyover.

Namun ia menyebutkan, pembangunan tersebut harus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait secara matang.

“Karena dalam pembangunan ini, aktivitas lintasan kereta tidak boleh terganggu, sehingga kontraktornya harus yang ahli dalam melaksanakan proyek, terutama pembangunan underpass,” imbuhnya.

Dia mengatakan, perlintasan kereta di tengah kota akan tetap ada, mengingat itu itu jalur transportasi cepat dan penumpang. Sedangkan jalur babaranjang memang akan dipindah ke jalur shortcut Tarahan-Tegineneng.

Pembangunan shortcut tersebut bukanlah hanya wacana, karena akan dibangun pada anggaran 2020 dan rampung 2023. “Itu rencananya tahun depan, kalau bulannya saya tidak tahu. Yang jelas mulai pembangunanya dari Teginenenng, samping tol,” tandasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi