oleh

Duh, Peminat PPG Mandiri Sedikit, Begini Penjelasannya

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pendaftaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) prajabatan mandiri Universitas Lampung yang dimulai pada 1 November lalu diperpanjang hingga 22 Desember.

Wakil Dekan I Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unila, Sunyono, mengatakan, perpanjangan waktu pendaftaran tersebut karena jumlah calon mahasisw PPG belum memenuhi kuota.

“Susah dibuka mulai dari 1 November, tetapi karena kuotanya belum terpenuhi, jadi diperpanjang hingga 22 Desember mendatang. Siapa tahu nanti saat mendekati penutupan, akan bertambah,” ujarnya, Jumat (29/11).

Dikatakannya, Unila mendapatkan kuota PPG Mandiri sebanyak 375 orang. Hingga hari ini, yang mendaftar sebanyak 185, tetapi yang sudah fix baru 71 orang. Padahal kuota yang disediakan sangat banyak. Menurutnya, belum terpenuhi kuotanya, dimungkinkan karena biaya PPG yang lumayan mahal untuk satu semesternya sebesar Rp 8.500.000.

“Karena ini PPG mandiri, otomatis semua biaya ditanggung oleh peserta. Mungkin berat pada biaya, sehingga kuota ini belum terpenuhi,” imbuhnya.

Syarat untuk mendaftar di PPG mandiri, antara lain lulusan S1/D4 dari perguruan tinggi terakreditasi minimal B, berusia maksimal 30 tahun pada 31 Desember 2019, program studi S1/D4 linier dengan program studi pada program PPG, dan terdaftar di Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. “Untuk dokumennya antara lain, surat pernyataan belum menikah di materai, surat bebas narkoba, SkCK, dan lainnya,” katanya.

Sedangkan, program studi yang dibuka, PGSD 75 orang, Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura 75 orang, pendidikan jasmani kesehatan dan rekreasi sebanyak 200 orang, dan matematika 25 orang. (rur/ang)



Komentar

Rekomendasi