oleh

Ada Perbedaan Tahun Kelahiran, Pansus Pilwabup Verifikasi ke Disdukcapil

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pansus Pemilihan Wakil Bupati (Pilwabup) Lampung Tengah memverifikasi terkait ijazah calon yang berbeda dengan tahun kelahiran dan akta kelahiran di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapi) serta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), Selasa (3/12). Hasilnya tidak ada persoalan.

Anggota Pansus DPRD Lamteng I Kadek Asian Nafiri menyatakan kedatangan ke Disdukcapil untuk memverifikasi berkas calon wakil bupati. “Kita verifikasi berkas calon wakil bupati. Ini ada perbedaan tahun kelahiran di ijazah SD dengan akta kelahiran a.n. Anang Hendra Setiawan. Benar nggak Disdukcapil yang mengeluarkan. Ternyata benar sehingga kita minta legalisasi. Dasar Disdukcapil mengeluarkan akta kelahiran adalah KTP dan KK. Tertera dalam tanggal, bulan, dan tahun lahir sama dengan yang dikeluarkan Disdukcapil,” katanya.

Karena itu, katanya, pihaknya juga akan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Lamteng untuk mengklarifikasi apakah benar ada kesalahan penulisan. “Kita juga cek ke Disdikbud Lamteng apakah benar ada kesalahan penulisan tanggal, bulan, dan tahun lahir. Ini khusus Anang Hendra Setiawan. Kalau untuk calon lain Yanuar Syarif tak ada masalah. Sudah kita klarifikasi,” ujarnya.

Setelah tahap ini, kata Kadek, DPRD Lamteng akan membuat tatib pemilihan dilanjutkan penyampaian visi-misi. “Tahap selanjutnya buay tatib. Dilanjutkan penyampaian visi-misi. Setelah itu kita laporkan ke pimpinan untuk mem-banmus-kan penjadwalan pemilihan. Kita diberi waktu 9-14 Desember 2019. Karena di sini waktu yang kosong,” ungkapnya.

Sedangkan Sekretaris Disdukcapil Lamteng Suhaini menyatakan terkait hal ini nggak ada masalah. “Nggak ada masalah kalau di Disdukcapil. Hanya ada perbedaan di ijazah SD Anang Hendra Setiawan tertulis tahun lahir ada yang 1974 dan 1975,” ungkapnya.

Dalam verifikasi ini, I Kadek Asian Nafiri ditemani anggota DPRD lainnya M. Saleh Mukadam, Yunisa Putra, dan Deni Sastra Negara. (sya/ang)



Komentar

Rekomendasi