oleh

PAS Semester Ganjil SMK Negeri se-Bandarlampung Berbasis Online

RADARLAMPUNG.CO.ID – Pelaksanaan Penilaian Akhir Sekolah (PAS) semester ganjil tahun ajaran 2019/2020 di semua SMK Negeri di Kota Bandarlampung telah menerapkan ujian berbasis online. Artinya, siswa-siswi mengerjakan soal ujian di smartphone ataupun laptop miliknya.

Ketua MKKS SMK Lampung sekaligus Kepala SMK Negeri 1 Kota Bandarlampung Moh Edy Harjito menjelaskan, penerapan PAS berbasis online untuk menindaklanjuti inisiatif gubernur dan wakil gubernur yang akan melaunching Lampung Smart School Berjaya atau semuanya berbasis digital.

“Dan SMK negeri di Bandarlampung sudah merintis itu, salah satunya pelaksanaan PAS menggunakan berbasis online,” ujarnya, Selasa (3/12).

Dikatakannya, meskipun soal ujian setiap mata pelajaran di masing-masing sekolah sama, tetapi ujian berbasis online bisa meminimalisisr kecurangan, misalkan mencontek ataupun soal bocor.

“Karena penyusunan soal itu kawan-kawan dari Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Meskipun soalnya sama setiap sekolah, tetapi antara satu dengan yang lain tidak sama, artinya random,” tukasnya.

Ia berharap, penerapan PAS berbasis online ini bisa diterapkan di semua sekolah di Lampung. Menurutnya, ujian seperti itu lebih efektif, salah satunya mengurangi penggunaan kertas.

“Ujian berbasis online menggema, dan akan digunakan seluruh sekolah. Ini juga dapat membantu guru, karena tidak lagi mengoreksi, sebab nilai akan otomatis keluar jika siswa sudah selesai ujian,” ucapnya.

Sementara, Imam Mulyana Operator SMK Negeri 1 Bandarlampung menjelaskan, sampai hari ini tidak ada kendala, kendala di awal yang ditemukan seperti dana yang lebih banyak karena harus mengatur jaringan dan lainnya.

“Karena kita masih uji coba server, dan sampai hari ini alhamdulillah server aman, mungkin di jaringan saja tetapi tidak mengganggu pelaksanaan ujian. Siswa masih menggunakan provider masing-masing,” tandasnya. (rur/ang)



Komentar

Rekomendasi