oleh

Siswa se-Lampung Jenjang SMA Siap Hadapi UN 2020

RADARLAMPUNG.CO.ID – Siswa kelas XII SMA/SMK sederajat sudah melaksanakan simulasi I dan II Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Hal tersebut dilakukan untuk persiapan siswa menghadapi UNBK tahun ajaran 2019/2020.

Ketua MKKS SMA Provinsi Lampung Suharto menuturkan, persiapan UNBK bagi kelas XII SMA sudah melaksanakan simulasi I dan II.

“Simulasi I dan II sudah kita laksanakan. Kita ikuti setiap tahapan dan proses ini sampai dengan keputusan terakhir,” kata Suharto, Selasa (3/12).

Menurutnya, UNBK akan tetap dilaksanakan untuk tahun 2019/2020 ini, terlebih kisi-kisi soal UNBK sudah keluar. Namun, pihaknya tentu akan mengikuti kebijakan pusat, apapun keputusannya nanti.

“Saya rasa belum dihentikan seperti wacana yang beredar, karena itu bagian dari proses pemetaan mutu pendidikan di Indonesia, tetapi kita kan pada level teknis dan operasional. Jika jalan ya jalan, kalau berhenti ya berhenti,”tukasnya.

Suharto mengatakan, terkait wacana penghapusan Ujian Nasional, menurutnya, itu merupakan kebijakan menteri yang memang harus dijalani dan didukung dengan sebaik-baiknya.

“Pasti sebagian besar menyambut baik, tetapi bagi kita harus ada parameter atau alat ukur lainnya supaya kita bisa lihat peta mutu di semua daerah. Dan juga, apakah perguruan tinggi dalam konteks peneriman mahasiswa masih memanfaatkan nilai UN sebagai indikatornya,” katanya.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Lampung Sulpakar menambahkan, simulasi UN tahap 1 dan II susah dilaksanakan, artinya persiapan untuk menghadapi UN tahun 2020 sudah sangat matang. Ia menuturkan, sampai saat ini belum ada perintah ataupun arahan dari Kementerian Pendidikan bahwa UN 2020 tidak ada.

“Kita tetap konsisten mengikuti aturan yang ada dan apabila ada petunjuk yang harus diikuti oleh seluruh penyelengara pendidikan, Lampung akan patuh,” pungkasnya. (rur/ang)



Komentar

Rekomendasi