oleh

Tim Pengabdian Masyarakat Polinela Ber Materi Urban Farming ke KWT Cengkeh Wangi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Tim pengabdian kepada masyarakat bidang teknologi produksi tanaman Hortikultura Politeknik Negeri Lampung (Polinela) bekerjasama dengan Penyuluh pertanian Kecamatan Metro Pusat, Dinas ketahanan pangan, pertanian, perikanan Kota Metro memberikan materi Urban Farming kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Cengkeh Wangi, Hadimulyo Barat Kota Metro. Pelaksanaan pengabdian mulai dari April hingga September 2019.

Ketua Tim Rizka Novi Sesanti bersama anggotanya Sismanto, Desi Maulida, Hilman Hidayat, menjelaskan, urban farming saat ini menjadi terkenal karena pesatnya alih fungsi lahan pertanian menjadi pemukiman penduduk di wilayah perkotaan. Sehingga, timnya pun menyosialisasikan urban farming kepada KWT Cengkeh Wangi.

KWT Cengkeh Wangi bergerak di bidang urban farming, yaitu pemanfaatan pekarangan rumah untuk budidaya aneka tanaman.

“Karena berdasarkan data penyuluhan pertanian tahun 2017, kemampuan KWT Cengkeh Wangi dalam mengadopsi urban farming masih rendah. Oleh karena itu, kita berusaha untuk mengatasi permasalahan tersebut,” katanya, Selasa (3/12).

Dikatakannya, kontribusi mendasar pada khalayak sasaran yaitu menerapkan konsep urban farming kepada masyarakat perkotaan dan membimbing KWT Cengkah Wangi agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan tentang urban farming.

Sedangkan, target dari kegiatan ini salah satunya meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan anggota KWT Cengkeh Wangi tentang urban farming dan membuat demontrasi plot urban farming.

“Selain itu juga kita memberikan stimulan berupa bantuan instalasi hidroponik, instalasi vertikultur, wall planter bag, pot, bibit buah, sayuran, bibit tanaman hias dan tanamam obat keluarga sebagai sarana pelatihan ketrampilan di KWT Cengkeh Wangi,” pungkasnya. (rur/ang)



Komentar

Rekomendasi