oleh

Gubernur Sumsel Sebut Sjahroedin Sosok Inspiratif

radarlampung.co.id – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru menilai, Komjen Pol (Purn) Sjachroedin ZP merupakan tokoh dikagumi banyak orang dan sosok  inspiratif dengan pola kepemimpinannya.

“Kyai Oedin sosok yang dikagumi di Lampung, dan diakui di Palembang,” kata Herman Deru saat menerima Duta Besar Indonesia untuk Kroasia Sjachroedin ZP di Griya Agung, Rumah Dinas Gubernur, Kota Palembang, Selasa (3/12) malam.

Saat ini dirinya mencontoh pola kepemimpinan Sjachroedin saat menjabat sebagai Gubernur Lampung selama dua periode. Seperti penertiban penggunaan atribut para aparatur sipil negara (ASN) di pemerintahannnya.

“Sejak 15 hari menjabat gubernur langsung menertibkan penggunaan pakaian ASN dan sudah di Permendagri,” ujarnya.

Bahkan, sampai saat ini ia mengaku memantau kiprah Sjachroedin yang bertugas sebagai Duta Besar di KBRI Zagreb, Kroasia.

“Saya benar-benar ngefans sama beliau, pola kepemimpinannya semua saya adopsi, tapi gayanya yang saya tidak sanggup ikuti,” tandasnya sambil bercanda dan disambut tawa undangan yang hadir.

Ia juga menceritakan, kakaknya merupakan salah satu pejabat di Lampung Selatan yang kemudian ditarik ke Provinsi Lampung pada saat pemerintahan Sjachroedin ZP. Sekarang menjabat sebagai kepala badan di Pemprov Lampung.

Kemudian tidak hanya di Lampung, saat bertugas di Palembang pun para penjahat segan dengan sosok Sjachroedin yang tegas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu, Sjachroedin ZP mengaku bahwa dirinya tidak dapat terpisahkan dengan Palembang, karena sudah beberapa kali bertugas di daerah tersebut, diantaranya Sesdirlantas, Kapoltabes dan Wakapolda dan Kapolda Sumsel

“Karir saya naik juga saat bertugas di Palembang, jadi rejeki saya juga banyak dari sini,” ujarnya.

Saat bertugas di Palembang dirinya menerapkan tindakan tegas untuk para pelaku kriminalitas. “Saya mengimbau untuk orang Lampung yang tinggal di Palembang untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat,” tandasnya.

Dari hasil lawatan selama dua hari tersebut, disimpulkan Sumatera Selatan akan mengirimkan tim kesenian untuk dipromosilan ke Kroasia termasuk kerjasama perdagangan hasil bumi seperti buah-buahan dan kopi yang merupakan salah satu komoditas terbesar di wilayah tersebut.

Untuk promosi pariwisata, dengan dukungan Gubernur, tim kesenian dari Sumsel akan berangkat ke Kroasia yang rencananya pada April hingga Oktober 2020, karena untuk saat ini negata yang masuk dalam kawasan Eropa Timur tersebut sedang memasuki musim dingin hingga beberapa bulan ke depan.(rls/dna/kyd)



Komentar

Rekomendasi