oleh

Ini Tiga Wilayah Dengan Kasus DBD Tertinggi di Tanggamus

radarlampung.co.id – Hingga akhir November 2019, tercatat 244 kasus demam berdarah dengue (DBD) di Tanggamus. Tertinggi ada di wilayah Puskesmas Kotaagung dengan 50 kasus. Disusul Puskesmas Talangpadang sebanyak 33 kasus dan Puskesmas Gisting 28 kasus.

Kabid Pencegahan Penyakit Taman Prasi mengatakan, diharapkan hingga akhir Desember tidak ada penambahan kasus. ”Selama bulan ini (November, Red) sebenarnya tidak ada laporan dari puskesmas-puskesmas. Harapannya, sampai akhir Desember nanti tidak ada lagi penambahan,” kata Taman Prasi mewakili Kepala Diskes Tanggamus Taufik Hidayat, Kamis (5/12).

Ia juga mengimbau masyarakat untuk terus rutin menerapkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). “Kami sudah beri surat edaran ke seluruh puskesmas, supaya bersama masyarakat melakukan PSN. Sehingga kasusnya tidak tinggi saat musim hujan ini,” tegasnya.

Baca :   Ratusan Warga Lamtim Terserang DBD

Untuk PSN, ada tiga hal yang bisa dilakukan. Yakni dengan melakukan 3M (menguras dan menutup penampungan air serta dan mengubur barang bekas yang bisa menampung air). ”Ada juga perlindungan lainnya seperti menggunakan obat nyamuk oles dan kelambu. Itu untuk melindungi diri dari serangan nyamuk,” sebut dia. (ral/ehl/ais)

 

Komentar

Rekomendasi