oleh

KPU Lamteng Prediksi Tiga Paslon

RADARLAMPUNG.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lampung Tengah memprediksi hanya tiga pasangan calon yang akan bertarung pada Pilkada 2020. Sedangkan untuk calon perseorangan atau independen sangat kecil kemungkinannya.

Ketua KPU Lamteng Irawan Indrajaya menyatakan kalau prediksi hanya tiga pasangan calon. “Kalau prediksi kita sih hanya tiga minimal tiga pasangan calon. Ini hanya prediksi jika dilihat dari para bakal calon yang muncul,” katanya.

Kalau masalah calon perseorangan atau independen, Irawan mengatakan sangat kecil kemungkinannya. “Kecil kemungkinannya kalau sekarang ada calon independen maju di Lamteng. Nggak tahu nanti. Kalau sekarang ini belum ada yang komunikasi untuk maju dari jalur independen,” ungkapnya.

Diketahui pada Pilkada 2010 diikut delapan paslon dengan lima calon partai dan tiga calon independen. Tiga calon partai yakni Musa Ahmad berpasangan dengan Suwidyo diusung PDIP, PKPB, dan PKPI. Kemudian Musawir Subing-Midi Iswanto diusung PKB, PPP, dan PAN; Ahmad Pairin-Mustafa diusung Partai Golkar; Yurida Erwin Nizar-Ahmad Mufty Salim diusung PKS, Partai Hanura, dan PBR; serta Hery Sulisyanto-Syamsir Firdaus yang diusung Partai Demokrat, PKNU, dan PNIM. Tiga calon independen, yakni Loekman Djoyosoemarto-Cholilurrahman, Helman Saleh-Lasno Hamid Al Asna, dan Wahadi Saeri-Sudarto.

Dalam Pilkada 2010 ini, Musa Ahmad-Suwidyo dan Ahmad Pairin-Mustafa masuk dua putaran. Sayangnya, Musa Ahmad-Suwidyo kalah dengan Ahmad Pairin-Mustafa. Ahmad Pairin-Mustafa memperoleh 302.935 suara atau 52,93 persen dan Musa Ahmad-Suwidyo meraih 269.382 suara atau 47,07 persen.

Kemudian pada Pilkada 2015 diikuti empat pasangan calon, dua calon partai dan dua calon indepnden. Musa Ahmad yang anggota DPRD Lamteng dari Partai Gerindra kembali bertarung. Musa mengundurkan diri dari kursi legislatif dan maju dari jalur independen sebagai cawabup mendampingi Mudiyanto Thoyib. Empat pasang calon yang bertarung adalah Mustafa-Loekman yang diusung PDIP, PKS, Partai Demokrat, PAN, PKPI, dan Partai Hanura plus didukung Partai Golkar dan PPP; Gunadi Ibrahim-K.H. Imam Suhadi yang diusung Partai Gerindra dan PKB serta Mudiyanto Thoyib-Musa Ahmad (independen) dan Samidjo-Fatoni (independen). Dari jumlah suara sah sebanyak 618.519, Mustafa-Loekman menang telak dengan perolehan suara 393.356, disusul Gunadi Ibrahim-K.H. Imam Suhadi yang memperoleh 128.721; Mudiyanto Thoyib-Musa Ahmad meraih suara 86.808; dan Samidjo-Fatoni meraih 9.634 suara. (sya/ang)

Komentar

Rekomendasi