oleh

Lamtim Lestarikan Seni dan Budaya Melalui GSMS

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berbagai kegiatan meriahkan pentas gerakan seniman masuk sekolah (GSMS) di Aula Rumah Dinas Bupati Lampung Timur, Kamis (5/12).

Antara lain,  pementasan berbagai seni tari,  seni musik,  pencak kuttau Lampung, penayangan film pelajar, pameran Photography, pameran sulam tapis, pameran seni rupa dan pameran batik pelajar.

Acara yang diikuti 21 sekolah dari tingkat sekolah dasar (SD) dan sekolah menengah pertama (SMP) itu dibuka Staf Ahli Bupati Lamtim Nur Syamsu.

Saat membuka acara Nursyamsu menjelaskan, Kabupaten Lampung Timur mempunyai potensi berbagai seni dan budaya daerah yang cukup menarik. “Melalui GSMS kami bsrharap dapat melestarikan seni budaya yang tumbuh dan berkembang di Lamtim,” ujar Nursyamsu.

Ditambahkan, sebagai apresiasi atas kegiatan itu tahun 2020 mendatang telah mengalokasikan anggaran untuk kegiatan GSMS

Ditempat yang sama Ketua PKK Lampung Timur Putri Ernawati mengatakan,  kegiatan ini pertama kali digelar di Bumi Tuwah Bepadan. Harapannya, program GSMS dapat berkolaborasi dengan sanggar seni yang sudah ada. “Itu agar kesenian dan kebudayaan yang ada diLampung Timur akan dapat dilestarikan,” harapnya.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lampung Timur Sudarman mengatakan, tujuan GSMS ini untuk menumbuhkan minat bakat peserta didik di bidang seni budaya. Kemudian, menumbuhkan budaya sekolah yang sehat,menyenangkan, mengasyikkan, mencerdaskan dan mengguatkan.

Menurutnya, kegiatan GSMS 2019 Lampung Timur dilaksanakan selama 3 bulan dengan proses pembelajaran seni sebanyak 26 kali pertemuan dengan durasi waktu 2 jam. Kemudian di hari ke 27 diadakan pementasan seni sebagaimana digelar di Aula Rumah Dinas Bupati hari ini. (wid/ang)

Komentar

Rekomendasi