oleh

UIN RIL Peringkat ke-11 Sebagai Kampus Hijau Berkelanjutan

RADARLAMPUNG.CO.ID — Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung (UIN RIL) menjadi kampus terhijau se-Sumatera berdasarkan penilaian UI GreenMetric World University Rankings 2019. UIN RIL berhasil menempati peringkat ke-11 nasional dan ke-172 dunia sebagai Kampus Hijau Berkelanjutan.

Rektor UIN RIL Prof.Moh. Mukri,M.Ag., mengatakan, prestasi tersebut merupakan capaian yang luar biasa dari warga kampus UIN Raden Intan Lampung. Sebab, setiap tahunnya peserta yang mengikutinya selalu meningkat secara signifikan.

“Dan tahun ini saja mencapai 700an lebih kompetitor. Tentunya ini menjadi capaian yang luar biasa dari warga kampus,” katanya, Rabu (4/12).

Dengan diraihnya penghargaan tersebut, lanjutnya, bukan hanya ingin menunjukkan bahwa kampus UIN Raden Intan merupakan kampus paling bersih. Namun, lebih kepada memberikan motivasi dan inspirasi kepada seluruh kampus untuk menjadikan kampus sebagai kampus hijau.

“Mari kita berlomba-lomba dalam hal kebaikan,” imbuhnya.

Kedepan, pihaknya berharap kampus UIN Raden Intan dapat memperbaiki, dan menjadi lebih baik lagi.

“Meskipun ranking bukan tujuan utama tetapi ranking bisa diharapkan sebagai ekspresi kesungguhan kita dalam mengelola lingkungan yang bersih dan ramah. Terbangunnya lingkungan yang ramah dan nyaman menjadi bagian dari keberlanjutan generasi kita ke depan,” pungkasnya.

UI GreenMetric merupakan inovasi UI yang telah dikenal luas di dunia internasional sebagai pemeringkatan perguruan tinggi pertama di dunia berbasis komitmen tinggi dalam pengelolaan lingkungan hidup kampus. Penilaian sendiri dilakukan berdasarkan tiga filosofi dasar, yaitu Environment, Economic, dan Equity (3’Es), Energi dan Perubahan Iklim, Pengelolaan Sampah, Penggunaan Air, Transportasi dan Pendidikan.

Sementara, di Indonesia terdapat 72 kampus yang telah berpartisipasi dalam UI GreenMetric. (rur/ang)

Berdasarkan UI GreenMetric World University Rankings in Indonesia Tahun 2019, 10 perguruan tinggi yang masuk 10 besar adalah :

1. Universitas Indonesia
2. Universitas IPB
3. Universitas Gadjah Mada
4. Universitas Diponegoro
5. Institut Tekonologi Sepuluh Nopember
6. Universitas Negeri Semarang
7. Universitas Sebelas Maret
8. Univeritas Islam Indonesia
9. Universitas Telkom
10. Universitas Padjajaran.

Komentar

Rekomendasi