oleh

Tak Berformalin, Anggur Cina Kandung Lapisan Lilin

radarlampung.co.id – Hasil  penelusuran Dinas Ketahanan Pangan Bandarlampung terkait beredarnya informasi yang menyebut anggur dari Cina mengandung formalin, ternyata hal itu tidak benar.

Namun demikian, anggur-anggur yang dijual di Kota Bandarlampung tersebut setelah dilakukan pengecekan  mengandung residu pestisida, berupa lapisan dari lilin parafin.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Bandarlampung I Kadek Sumarta mengatakan, pengecekan kandungan tersebut dilaksanakan bersama Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Jadi tidak ada yang mengandung formalin, borak dan sebagainya. Sehingga relatif aman untuk dikonsumsi,” katanya kepada awak media di lingkungan Pemkot Bandarlampung, Jumat (6/12).

Meskipun relatif aman dikonsumsi, ia mengimbau kepada masyarakat, sebelum mengonsumsi buah-buahan untuk mencucinya terlebih dahulu dengan air mengalir bukan di dalam wadah. “Biar lapisan lilinnya rontok,” ujarnya.

Adapun sampel lokasi yang telah mereka cek dilakukan di empat titik, yaitu seputaran Waykandis, Bypass, PKOR Wayhalim dan Panjang. “Kami cek yang anggur-anggur yang dari Cina, karena ada tulisan dengan huruf Cina, kemungkinan impor dari sana,” tandasnya. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi