oleh

Pemkab Pesawaran Upayakan Akomodir Harapan Ajang Sai Batin

radarlampung.co.id – Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona gelar Pangeran Paksi Marga menegaskan, kewajiban pemerintah daerah untuk mengakomodir apa yang menjadi harapan Ajang Sai Batin di kabupaten itu.

“Dengan terbentuknya Ajang Sai Batin, kewajiban bupati untuk mengakomodir apa yang menjadi harapan,” kata Dendi Ramadhona dalam sambutannya pada pengukuhan Irwanto sebagai Batin Perwira Kusuma di Desa Tempelrejo, Kedondong, Sabtu (7/12).

Terbentuknya Ajang Sai Batin dengan enam kebandaran, empat persekutuan serta 103 punyimbang diharapkan dapat menyamakan tujuan dan persepsi agar lebih terarah. Kemana, tujuan dari marga, kebandaran dan para punyimbang.

Baca :   Artis Marcella Zalianty dan Arsitek Yori Antar Keliling Tubaba

“Tolong doakan agar Pesawaran jauh dari bahaya dan masyarakat lebih sejahtera,” tegasnya.

Menurut Dendi, pengukuhan Batin Perwira Kusuma adalah upaya menurunkan adat istiadat Lampung, khususnya Sai batin di kabupaten setempat. Di mana, keberagaman adat di Pesawaran sangat luar biasa dan sekaligus sebagai daerah yang berdekatan dengan ibukota Lampung.

Sementara Ketua Ajang Sai Batin Minak Mangku Batin Firman Rusli menambahkan, Batin Perwira Kusuma yang baru dikukuhkan merupakan keturunan dari H.M. Rais yang merupakan salah satu penggagas Makhga Way Lima.

Baca :   Yuk, Nikmati Keindahan Curug Mbah Gimo!

“Melihat situasi, karena kita ada saudara yang di Hurun, Punduh, Pedada dan Ratai. Kenapa tidak digabungkan semua dan merupakan satu rumpun, yakni Sai Batin. Dengan adanya organisasi Ajang Sai Batin ini, mudah-mudahan pemda bisa membina adat istiadat. Khususnya Punyimbang Sai Batin, karena Sai Batin sudah terstruktur,” tandasnya. (ozi/ais)

Komentar

Rekomendasi