oleh

Ratusan Pesilat dari PSNU Gelar Silaturahmi

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ratusan Pesilat dari Perguruan Pencak Silat Nahdlatul Ulama (PSNU)  Pagar Nusa Kabupaten Tanggamus berkumpul di Taman Wisata Muara Indah Kotaagung Minggu (8/12). Berkumpulnya pesilat ini dalam rangka silahturahmi dan latihan gabungan yang digelar Pengurus Cabang Pencak Silat Nahdlatul Ulama Pagar Nusa Kabupaten Tanggamus.

Ketua Umum PSNU Pagar Nusa Tanggamus,  Hajin M. Umar dalam sambutannya mengatakan kegiatan latihan gabungan ini diikuti oleh sejumlah padepokan yang ada di Tanggamus yang mayoritas adalah pelajar. Dan dilakukan juga baksos berupa pengobatan gratis bagi masyarakat sekitar Muara Indah.

Selain dari PSNU,  dalam silahturahmi ini juga dihadiri sejumlah perguruan silat lain seperti Tapak Suci, Bandrong, Persaudaraan Setia Hati Terate dan TTKDH.  Selain itu, Hajin berharap melalui kegiatan latihan gabungan ini,  silaturahmi diantara perguruan dapat terjaga dengan baik sehingga tercipta suasana kondusif dan harmonis di Kabupaten Tanggamus dan tumbuh rasa nasionalisme.

“Kepada adik-adik semua agar berlatih dengan baik dan tolong dengarkan arahan dari para guru guna menyongsong Kejurnas yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 di Jakarta dengan harapan perwakilan dari kabupaten Tanggamus dapat menorehkan prestasi di tingkat nasional, “ujarnya.

Ketua Pimpinan Wilayah PSNU Lampung, Edi Purnomo dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh PSNU Tanggamus sebab dari 15 Kabupaten/kota, baru dua yang melaksanakan silahturahmi dan latgab yakni Metro dan Tanggamus.”Terimakasih kepada Pimpinan Cabang PSNU Pagar Nusa Tanggamus yang telah mengumpulkan pelisilat untuk latihan dan silahturahmi.

Dilanjutkan Edi, bahwa PSNU Pagar Nusa diberi tugas untuk lestarikan pencak silat dilingkungan NU. “Di NU ada beberapa badan otonom salah satunya Pagar Nusa dan Pagar Nusa ini masuk Lampung tahun 90 an dan sekarang sudah berkembang pesat dan menjadi salah satu perguruan silat terbesar di Indonesia karena memiliki pengurus dari tingkat pusat hingga anak cabang, “ujarnya.

Dirinya juga berpesan kepada pesilat untuk belajar serius sebab silat selain untuk membela diri sendiri juga membela orang lain.” Kita juga harus bangga sebab silat ini salah satu cabang olahraga yang sudah diperhitungkan karena sudah masuk event olahraga Asian games dan sea games,”pungkas Edi.

Sementara Bupati Tanggamus Hj.Dewi Handajani yang diwakili Staf Ahli Firman Ranie dalam sambutannya mengatakan bahwa warga NU harus bangga dengan Perguruan Silat Pagar Nusa karena perguruan silat ini merupakan perguruan pemersatu bangsa, sebagai media siar agama Islam serta membina kerukunan dan sebagai panutan masyarakat.

“Peran para pendekar Perguruan Silat Pagar Nusa harus bisa memperkuat rasa persatuan, persaudaraan dan ukuwah Islamiah serta menjaga keutuhan NKRI, “ujar Firman.

Dilanjutkan Firman Ranie,  bahwa Pemkab Tanggamus berharap kedepan ada kontribusi dari Perguruan Silat Pagar Nusa untuk Kabupaten Tanggamus dalam bentuk Prestasi dan kami juga mewakili Pemerintah Kabupaten Tanggamus akan berusaha semaksimal mungkin guna mendukung kegiatan ini.

“Pemkab Tanggamus sangat mendukung kegiatan olahraga, khususnya silat. Saat ini Tanggamus sedang membangun gelanggang olahraga (GOR) di Waysom Kotaagung, kedepan pesilat Pagar Nusa bisa melaksanakan latihan disana sehingga bisa mencetak atlet atlet silat berprestasi untuk mengharumkan Kabupaten Tanggamus,”pungkas Firman Ranie. (ral/rnn/ehl/ang)

Komentar

Rekomendasi