oleh

Minta Naikkan Harga Singkong Petani Tubaba Demo Perusahaan

radarlampung co id-Para petani yang mengatas namakan Himpunan Petani Singkong Tiyuh Penumangan (HPSTP) mendemo PT Bumi Waras, PT Acid Budi Jaya /PT Bumi Starch dan Switeher TBK/ Bumi Waras Tuba Barat Desa Penumangan Baru Kecamatan Tuba Tengah, Tulangbawang Barat Senin (9/12).

Petani menuntut perusahaan mempertimbangkan harga singkong yang selama ini dinilai jauh berbeda dengan pabrik lainnya. Pihak perusahaan juga diminta menstabilkan harga dan potongan dalam pembelian singkong.

“Kami sebagai masyarakat petani singkong khususnya dari Wilayah Desa Penumangan sangat mengeluh atas harga pembelian dan potongan harga oleh pihak perusahaan. Kami khususnya petani singkong Tiyuh Penumangan meminta perusahaan menstabilkan harga dan potongan dalam pembelian singkong,” Sukman dan Mansur, warga yang ikut berdemo.

Perwakilan perusahaan, Dodi, menyatakan pihaknya hanya menjalankan perintah dari pimpinan. Dirinya merinci petunjuk dari pimpinannya adalah harga singkong dibeli dengan harga Rp 1000/kilogram. Nah apabila kadar aci 20 maka kena potongan 16 persen, untuk kadar aci 18-19 potongan 20 persen, dan kadar aci kurang 17 potongan 25 persen.

Dia mengakui jika pihaknya sangat minim pengawasan dalam pembelian singkong. Bahkan ada pihak penjual singkong dengan mencampur singkong dengan tanah agar timbangannya menjadi berat. (fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi