oleh

Pelukis Mural Beradu Karya di Mesuji

RADARLAMPUNG.CO.ID – Para pelukis mural dari berbagai daerah di Lampung menyemarakkan acara Mesuji-Street Art (MSA) di Desa Simpang Pematang, Kecamatan Simpang Pematang, Mesuji. Para penggila seni tembok jalanan itu mengekspresikan diri dan bersaing menampilkan karya terbaiknya.

Pantauan Radarlampung.co.id Minggu (8/12) ada 20 pelukis ambil bagian dalam kompetisi tersebut. Mereka berasal dari Mesuji dan beberapa daerah lainya di Lampung.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai ajang kompetisi dan berekspresi bagi para pencinta mural,” kata Sufi selaku panitia MSA saat berbincang dengan Radar Lampung, Senin (9/12).

FOTO DOK. RADARLAMPUNG.CO.ID

Sufi menerangkan, MSA tersebut bertemakan “Mesuji Beragam Berkemajuan”. Karena, kata dia, dari seni gambar (mural) ini pihaknya ingin mengenalkan Mesuji. “Ini loh Mesuji dengan kekayaan alam dan budayanya. Sehingga masyarakat luar tahu bahwa Mesuji ini kaya dan aman untuk dikunjungi. Kita sampaikan lewat gambar seni mural ini,” bebernya.

Baca :   Plt. Bupati Mesuji Ingatkan Seluruh Desa Peka Menghadapi Musim Hujan
Mural
FOTO DOK. RADARLAMPUNG.CO.ID

Selain itu juga, sambung dia, lewat kegiatan melukis dinding atau mural ini, diharapkan bisa menerangkan bahwa seni mural tidak sekedar aksi corat-coret dinding tembok jalanan belaka. Namun menjadi nilai estetis baru untuk dapat membantu memajukan pariwisata, pemuda, olahraga, serta keanekaragaman budaya sebagai kearifan lokal untuk Mesuji lebih maju.

 

“Meski awalnya dianggap aneh karena mencoret-coret dinding, namun saat ini alhamdulillah Pemkab Mesuji memberikan dukungan dan support. Tentu hal ini membuat kami pecinta street art di Mesuji jadi makin berani unjuk eksistensi. Terima kasih Pemkab Mesuji,” ujar Sufi.

Baca :   Plt. Bupati Mesuji Kecewa, Masih Ada Randis Tunggak Pajak
FOTO DOK. RADARLAMPUNG.CO.ID

Terpisah, masyarakat sekitar juga ikut mengapresiasi adanya kegiatan mural tersebut. Itu karena lokasi lomba yang berada di dekat pemukiman bisa dinikmati secara langsung oleh warga sekitar.

“Muralnya sangat indah untuk menghiasi lingkungan, tema-tema yang diangkat dalam festival juga menarik dan pesannya juga sangat bagus. Mesuji banget lah pokoknya,” ujar Arman salah satu warga Mesuji. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi