oleh

Setiap Desa di Mesuji Didorong Harus Miliki Produk Unggulan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Setiap desa di Mesuji didorong menciptakan produk unggulan. Hal itu menjadi penegasan di acara Rapat Kordinasi Desa se-Kabupaten Mesuji di Kompleks Perkantoran Pemkab Mesuji, di Desa Wiralaga Mulya, Kecamatan Mesuji, Senin (9/12).

Rapat kordinasi desa se-Mesuji ini dihadiri kepala desa di 105 desa, serta para camat di tujuh kecamatan yang ada di Mesuji. Acara tersebut turut dihadiri Plt. Bupati Mesuji Saply TH, Wakapolres Mesuji Kompol Joni, dan para pejabat di lingkungan Pemkab Mesuji.

Bupati mengatakan, rapat kordinasi ini memiliki wadah strategis sebagai makna koordinasi antara pemerintah daerah dan pemerintah desa dalam rangka memberikan informasi awal mengenai kebijakan pemerintah terhadap desa, berkaitan dengan Dana Desa yang bersumber dari APBN dan alokasi Dana Desa dari APBD Mesuji.

Baca :   Polres Mesuji Bubarkan Acara Pernikahan

Jadi, kata dia, momentum Rakor Desa ini diharapkan menjadi wadah evaluasi pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa tahun 2019. Serta persiapan pelaksanaan APBDes tahun 2020 agar dapat berjalan lebih baik lagi kedepan dan dapat disinergikan dengan program pembangunan dari pemerintah daerah.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Mesuji Sunardi saat mengisi sambutan menegaskan, setiap desa diharapkan dapat menggali dan terus mengoptimalkan potensi yang ada, sehingga bisa menjadi produk unggulan.

Baca :   Pulang Merantau Wajib Lapor Kades dan Puskesmas

“Harapan saya setiap desa mampu menciptakan produk unggulan yang bisa mendorong perekenomian serta meningkatkan kesejahteraan. Hal itu bisa diwujudkan dengan pemberdayaan Bumdes di desanya masing-masing,” imbaunya.

Menurutnya, untuk menggali potensi tersebut, diperlukan inovasi masyarakat dan perangkat pemerintah desa. Mereka harus lebih jeli melihat peluang dan kosentrasi pada pengembangan dalam satu produk unggulan.

Sunardi menambahkan, 2020 mendatang diharapkan setiap desa di Mesuji dapat memunculkan produk unggulan yang dapat direalisasi. (muk/sur)

Komentar

Rekomendasi