oleh

Karomani Rencana Akan Jalin Kerjasama dengan Kampus di Timur Tengah

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dalam era revolusi industri 4.0 dibutuhkan banyak kolaborasi melalui kerjasama dengan berbagai pihak termasuk kerjasama internasional. Karena itu, dalam kepemimpinannya nanti, Rektor Universitas Lampung Prof Karomani akan berencana untuk menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi di kawasan Timur Tengah.

Menurutnya, kampus-kampus di kawasan Timur Tengah juga termasuk ke dalam kelas dunia, dan kualitasnya juga sudah jauh lebih bagus.

“Namun selama ini universitas-universitas sudah banyak bekerjasama di kawasan Asean, Eropa maupun Amerika, misalnya. Dan agak minim kita bekerjasama dengan kawasan Timur Tengah,” katanya, Selasa (10/12).

Sehingga, lanjutnya, pihaknya mencoba mencari peluang dengan mengagendakan untuk menjalin kerjasama dengan kampus-kamlis yang berada di kawasan Timur Tengah seperti di Arab Saudi, Iran dan lainnya.

“kita punya kedekatan, mungkin dalam agama yang sama dengan mereka, dan saya kira chemistrynya lebih masuk. Nah, saya coba siapa tahu bisa kerjasama dengan perguruan-perguruan tinggi bagus di sana,” ujarnya.

Terkait waktu untuk memulai kerjasama tersebut, Karomani memperkirakan setelah sekitar satu semester masa jabatannya.

“Satu sampai tiga bulan ini mungkin kita akan fokus konsolidasi dulu. Setelah itu, sekitar satu semester lah ya,” imbuhnya.

Untuk mendukung itu, pihaknya pun mengangkat penerjemah beberapa bahasa asing. Seperti Bahasa Arab, Bahasa Inggris, dan mungkin Bahasa Cina. Hal tersebut juga, untuk menguatkan identitas bangsa di hadapan negara lain.

“Adanya penerjemah ini juga bukan sembarangan. Menurut saya fungsinya agar kita di setiap forum yang melibatkan pihak asing, tetap berpidato menggunakan Bahasa Indonesia. Dan wibawa kita sebagai Bangsa Indonesia tetap terjaga,” ucapnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi