oleh

Perbaiki Kekurangan, Ratusan Atlet Jalani Tes Fisik

RADARLAMPUNG.CO.ID – Ratusan atlet Lampung yang sudah memastikan lolos ke PON XX Papua 2020 menjalani tes fisik di Gedung Sumpah Pemuda, PKOR, Selasa (10/12).

Tes fisik ini meliputi tes kecabangan yang dikhususkan bagi atlet sesuai dengan cabang olahraga (cabor) masing-masing, tes umum seperti tes daya tahan, kecepatan dan lainnya, ada pula tes kesehatan, disusul tes psikologi.

Wakil Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung II  Bidang Pembinaan Prestasi dan Sport Science, Frans Nurseto menjelaskan, ada sekitar 120 atlet yang menjalani tes fisik. Tes ini   untuk mengukur kekurangan atlet sebelum menuju PON.

“Dengan tahu kekurangan mereka di mana akan kita perbaiki, mengingat waktu masih panjang,” tuturnya ditemui di ruangannya, Selasa (10/12).

Lebih jauh dia menjelaskan, dalam tes ini sudah ada standar nilai yang diterapkan KONI. Dari nilai tersebut kemudian dibagi menjadi tiga kategori  yakni terbaik, rata-rata dan di bawah standar.

“Penghitungan ini secara otomatis tersistem dengan aplikasi olahraga Lampung berjaya (OLB). Kita tinggal masukan nilainya nanti ketahuan grafik atlet ini kurangnya dimana,” sambungnya. Penggunaan aplikasi ini merupakan bagian dari sport science.

Setelah tes fisik, nantinya atlet masuk ke dalam pelatihan daerah (pelatda) pada Januari 2020, dimana semua pelatih dan atlet langsung di bawah tanggung jawab KONI Lampung.

“Khusus Gedung Sumpah Pemuda ini nanti kita jadikan tempat pelatda bela diri, semuanya dari karate, silat, judo, taekwondo dan semua bela diri kita satukan agar fokus,” tuturnya.

Sedangkan cabang olahraga lain seperti menembak, terjun payung dan senam kemungkinan akan pelatda di luar Lampung yakni Jakarta. “Ini karena fasilitas di sana lebih lengkap,” sambungnya. (nca/sur)

Komentar

Rekomendasi