oleh

Peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-55 Dihadiri Ribuan ASN

RADARLAMPUNG.CO.ID – Peringati Hari Kesehatan Nasional yang ke-55 tingkat Kab. Waykanan Tahun 2019 yang digelar di Lapangan Korpri Waykanan, pada Selasa (10/12). Dihadiri oleh ribuan ASN dan masyarakat, tidak hanya itu kegiatan itu turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang diwakili oleh Kepala Sub Direktorat Pengamanan Limbah dan Radiasi, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Jelsi Natalia Marampa.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengatakan dalam sambutannya bahwa, melalui kesempatan yang baik ini dirinya menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya. Khususnya kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan (Dinkes) yang telah bekerja keras memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, juga kepada semua pihak, yaitu TNI, Polri, Tim Penggerak PKK, Ormas, Perusahaan Swasta maupun Dinas atau Instansi lainnya, yang telah berkontribusi dalam pencapaian keberhasilan pembangunan kesehatan di Kabupaten Way Kanan.
Tema Hari Kesehatan Nasional ke-55 kali ini adalah “Generasi Sehat Indonesia Unggul”.

“Sebagaimana yang telah diamanatkan oleh Presiden dalam pelantikan Kabinet Indonesia Maju 2020-2024 bahwa perhatian pemerintah dalam kurun lima tahun mendatang, diprioritaskan pada pembangunan Sumber Daya Manusia.
Menegaskan arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa ada dua isu kesehatan utama yang harus diselesaikan terkait membangun SDM yang berkualitas, yaitu “Stunting” dan “Jaminan Kesehatan Nasional”. Hal-hal tersebut akan menjadi fokus perhatian kita bersama untuk dapat segera diupayakan solusinya,” tegas Adipati Surya.

Menurut Bupati, berbagai keberhasilan pembangunan kesehatan untuk pembangunan SDM telah diraih,oleh Pemkab Wa Kanan hal.itu ditandai dengan adanya peningkatan “Indeks Pembangunan Manusia” setiap tahun, dimana salah satu parameter yang diukur adalah “Usia Harapan Hidup”. Isu-isu strategis telah dilaksanakan dan menghasilkan perbaikan, antara lain dengan menurunnya angka kematian ibu dan anak, menurunnya angka stunting, meningkatnya cakupan imunisasi serta berhasilnya pengendalian penyakit menular dengan menurunnya angka TB.

“Selama masa tugas Kepemimpinan Saya, dan Bapak Edward Anthony pembangunan kesehatan telah memperjuangkan tiga pilar yaitu, paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan, dan penyediaan biaya Jaminan Kesehatan, yang mengusung kegiatan promotif dan preventif, melalui beberapa program unggulan bidang kesehatan, seperti Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dan sehat melalui Pendekatan Keluarga,” ungkapnya.

“Kita patut berbangga bahwa pembangunan kesehatan saat ini kian dirasakan manfaatnya. Namun, kita juga tidak dapat menutup mata terhadap berbagai permasalahan yang masih ada dalam proses pembangunan kesehatan, kita masih dihadapkan pada kompleksitas masalah Stunting, JKN, serta penyediaan pelayanan kesehatan dasar. Betapapun pemerintah sudah senantiasa responsif dalam memecahkan masalah-masalah tersebut selaras dengan tuntutan masyarakat,” sambungnya.

Namun lanjutnya, Pemkab Waykanan akan terus bangun kesehatan mulai dari keluarga, karena keluarga sehat akan mewujudkan Kampung/Kelurahan Sehat. Kampung/Kelurahan Sehat akan mewujudkan Kecamatan Sehat. Kecamatan Sehat akan mewujudkan Kabupaten Sehat. Kabupaten Sehat akan mewujudkan Provinsi Sehat, dan Provinsi Sehat akan mewujudkan Indonesia Sehat.

“Melalui moment Hari Kesehatan Nasional ini, marilah kita konsentrasikan segenap potensi kekuatan dan kebersamaan kita untuk menitikberatkan pembangunan generasi sehat yang dilandasi tekad untuk memajukan bangsa,” pungkasnya. (sah/ang)

Komentar

Rekomendasi