oleh

Logistik Pemilu 2019 Dilelang Lewat KPKNL

radarlampung.co.id- Logistik Pemilu 2019 di Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) akan dimusnahkan dengan cara dilelang. Ada tiga jenis logistik yang akan dilelang tersebut, yakni surat suara, kotak suara, dan bilik suara. Untuk mempersiapkannya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tubaba, Rabu (11/12) mulai melakukan pembongkaran dan pengosongan kotak suara di gudang logistik di Tiyuh Candra Mukti, Kecamatan Tulang Bawang Tengah.

Kegiatan yang didasari Surat Sekretaris Jenderal KPU Nomor: 1570/PP.08.5-SD/07/SJ/XI/2019 tentang Tata Kelola Logistik Pasca Pemilu tahun 2019.”Untuk sementara, yang disetujui oleh KPU RI dan ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia) untuk di lelang baru tiga jenis logistik tersebut. Sedangkan logistik lainnya menunggu perintah KPU RI selanjutnya,”ungkap Cecep Ramdhani, S.Sos, Ketua KPU Tubaba.

Dia menyebutkan, logistik pemilu yang dilelang tersebut terdiri dari 1.008.700 lembar surat suara, 4.084 buah kotak suara, dan bilik suara sebanyak 3.188 buah. Artinya, lanjut Cecep, kegiatan hari ini dilakukan untuk menginventarisir sekaligus pengepakan terhadap logistik tersebut.”Selanjutnya, proses lelang kita serahkan sepenuhnya kepada KPKNL (Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang). Hasil pelelangan ini tidak ada yang masuk ke kami, sebab dana masuk dari hasil lelang akan dikembalikan lagi ke Bendahara Negara melalui KPU RI,”terangnya.

Menurutnya, mengingat banyaknya logistik pemilu tersebut, maka kegiatan pembongkaran dan pengosongan kotak suara tersebut akan membutuhkan waktu beberapa hari.”Kemungkinan akan berlangsung hingga 10 (sepuluh) hari kedepan. Selama kegiatan ini dilakukan, akan diawasi langsung langsung oleh Bawaslu, LO Polres Tubaba, dan LO Kodim 0412/LU. Kita berharap berjalan lancar dan selesai tepat waktu sesuai jadwal,”tandasnya.

Di satu sisi, Cecep Ramdhani juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Tubaba, mengingat pelaksanaan pemilu di daerah setempat dapat berjalan sesuai dengan rencana serta dapat berjalan lancar dan aman.”Dengan dukungan dan peran aktif semua pihak, pemilu di Tubaba dapat berjalan dengan baik,”pungkasnya.

Berdasarkan pantauan, kegiatan tersebut dihadiri oleh Ketua Bawaslu Tubaba Midiyan, S.Sos beserta jajarannya, Kabag Ops Polres Tubaba AKP. Dulhapid, S.Pd, seluruh Komisioner KPU Tubaba dan jajaran Sekretraiat KPU, serta LO Polres Tubaba dan LO Kodim 0412/LU. (fei/rnn/wdi)

Komentar

Rekomendasi