oleh

Muncul di Sungai Masin, Buaya Gigit Warga Pematangsawa

radarlampung.co.id – Buaya muara kembali menyerang warga Tanggamus. Kali ini Husnudon, warga Pekon Kampungbaru, Kecamatan Pematangsawa menjadi korban, sekitar pukul 04.00 WIB, Kamis (12/12).

Peristiwa itu terjadi ketika Husnudon bersama orang tuanya, Bakarudin sedang mencari udang untuk umpan pancing di muara Sungai Masin, Pekon Kampungbaru.

Tanpa diduga, seekor buaya muara muncul dan mengigit paha kanan Husnudon. Lelaki 27 tahun itu langsung menjerit. Beruntung, gigitan reptil ganas itu bisa terlepas.

Husnudon kemudian dibawa ke petugas kesehatan setempat untuk mendapatkan perawatan. “Sebelumnya mereka (Husnudon dan orang tuanya, Red) mau mancing ke laut. Karena tidak bawa umpan, mereka cari udang dulu di muara sungai Way Masin di Pekon Kampungbaru. Saat itulah, ia digigit buaya,” kata Sekretaris Pekon Kampungbaru Jarnoto.

Camat Pematangsawa Agus Somad membenarkan peristiwa tersebut. “Iya, benar. Tapi lokasi kejadianya di muara Sungai Masin, Pekon Kampungbaru. Bukan di muara sungai Way Semaka. Jarak dari muara sungai Way Semaka dengan Muara Sungai Masin cukup jauh,” terangnya.

Agus Somad mengimbau masyarakat agar sementara tidak melakukan aktivitas di sungai untuk menghindari serangan buaya. Ia juga menyatakan akan berkoordinasi dengan BKSDA untuk mengatasi persoalan buaya tersebut.

” Ya, saya minta untuk sementara warga jangan beraktivitas di muara sungai. Termasuk di sungai Masin. Saya akan berkoordinasi dengan BKSDA dan aparat terkait, agar buaya muara dapat ditangkap dan dikembalikan ke habitatnya,” kata Agus Somad.

Sebelumnya, serangan buaya muara melukai dua warga yang sedang mencuci di Sungai Way Semaka. Mereka adalah Kevin Wardana (9), warga Pekon Sudimoro Bangun, Kecamatan Semaka dan Muhajir (62), warga Pekon Banjarsari, Kecamatan Wonosobo. (uji/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi