oleh

Dari 2.830 Pelamar CPNS di Lampura, Hanya 69 yang Tak Penuhi Syarat

RADARLAMPUNG.CO.ID –  Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Lampung Utara (Lampura), mencatat total jumlah pendaftar rekrutmen CPNS 2019 mencapai 2.830 pelamar.

Pasalnya, dari jumlah tersebut sebanyak 2.761 berkas pelamar dinyatakan memenuhi syarat. Sementara sisanya 69 berkas tidak memenuhi syarat (TMS).

“Hasil Verifikasi yang sudah selesai dilaksanakan oleh tim, ada sebanyak 69 pelamar yang tidak memenuhi syarat. Sementara 2.761 pelamar dinyatakan memenuhi syarat,” ujar Abdurahman kepala BKPSDM Lampura, Minggu (15/12).

Abdurahman –sapaan akrabnya- menjelasnkan, nantinya bagi pelamar yang dinyatakan tidak memenuhi syarat masih memiliki peluang untuk masuk kategori memenuhi syarat.

Bahkan, kata dia, setelah pengumuman, para pelamar TMS masih mendapat kesempatan melakukan penyanggahan pada masa sanggah dalam kurun waktu tiga hari, terhitung dari pengumuman yang secara serentak akan dilakukan, mulai hari ini, Senin (16/12) hingga (19/12) mendatang.

Namun lanjutnya, masa sanggah tersebut bukanlah untuk melengkapi berkas, ataupun mengunggah dokumen yang kurang, dan lain sebagainya.

“Pelamar bisa menyampaikan hak sanggahnya melalui situs resmi pendaftaran CPNS/ASN, Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN). Dari masing-masing akun yang dimiliki para peserta, nantinya tata cara prosedur dan mekanismenya akan diketahui,” terangnya.

Berkas yang tidak sesuai di antaranya, tidak melampirkan ijazah, hanya melampirkan surat keterangan lulus, bukan ijazah. Ada juga yang pelamar tidak sesuai jurusan yang tidak sesuai. Sementara untuk lokasi pelaksanaan tes sendiri sambung Abdurahman, hingga saat ini tidak ada perubahan.

Seperti rencana, sesuai hasil usulan beberapa Kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung akan diselenggarakan di kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Bandar Lampung.

Disingung mengenai jadwal pasti waktu pelaksanaan tes, sampai saat ini pihaknya belum dapat memberikan informasi secara pasti.

“Soal kepastian kapan tes akan dilaksanakan, kita juga belum bisa memastikan. Kalau informasinya kemungkinan diperkirakan diakhir bulan Januari atau awal Februari tahun 2020 nanti,” katanya.

Seperti diketahui sebelumnya meski tahun 2019 kuota CPNS untuk Lampung Utara hanya berjumlah 59 orang, tak dapat dipungkiri antusiasme masyarakat untuk bisa menjadi pegawai negeri sipil masih cukup tinggi.

Terbukti dengan banyak jumlah pelamar yang sampai menembus ribuan orang. Hal itu dipastikan akan menjadi tantangan tersendiri bagi mereka ketika proses pelaksanaan tes nanti, dan sudah pasti persaingan diantara para peserta tidaklah berjalan dengan mudah.

“Bisa dibayangkan, dari ribuan orang peserta harus saling bersaing hanya untuk dapat menjadi salah satu calon pegawai yang diterima. Dengan kuota yang hanya berjumlah 59 orang saja, yakni 58 untuk tenaga teknis dan 1 orang sisanya diperuntukan sebagai tenaga Apoteker. Sudah pasti bukanlah perkara yang mudah untuk dapat jadi salah satu peserta yang lolos,” tutupnya.

Pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara (Lampura) sendiri diketahui telah ditutup sejak Selasa (26/11) lalu. (ozy/ang)

Komentar

Rekomendasi