oleh

Puluhan Ayam di Tubaba Mati Misterius

RADARLAMPUNG.CO.ID – Para warga dihebohkan dengan matinya puluhan ayam di tiga kecamatan yang ada di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba). Diduga ayam-ayam tersebut mati akibat terserang virus. Ayam-ayam yang mati tersebut terdapat di Kelurahan Panaragan Jaya, Tiyuh Panaragan Jaya Indah, Kecamatan Tulang Bawang Tengah. Kemudian di Tiyuh Gunung Katun Tanjungan serta Gunung Katun Malay, Kecamatan Tulang Bawang udik Kabupaten Tubaba.

Kematian ayam tersebut terjadi dalam satu pekan terakhir. Bahkan satu pemilik ada sekitar 20 ayam yang mati. Dampaknya masyarakat mengalami kerugian yabg cukup besar.

Rafi (30) warga Panaragan Jaya Indah Kecamatan Tuba Tengah mengatakan bahwa dalam satu pekan terakhir ayamnya sebanyak 20 ekor telah mati secara tiba-tiba. Akibatnya Dia menderita kerugian sekitar Rp1 juta.  “Coba saja satu ayam dikalikan Rp50 ribu maka paling tidak saya merugi Rp1.000.000,” katanya kepada radarlampung.co.id, pada Minggu (15/12)

Hal yang sama juga Joni (35) warga Gunung Katun Tanjungan, Kecamatan Tuba Udik, Kabupaten Tubaba. Menurutnya sekitar 17 ekor ayam yang mati secara tiba-tiba.  Meski tidak langsung setiap hari, namun kerugian dalam satu pekan terakhir mencapai Rp1 juta.

Tidak berbeda dengan Hendri warga Kelurahan Panaragan Jaya. Setidaknya dalam dua pekan terakhir ada sekitar 37 ayamnya mati. Penyakit yang diderita ayam-ayam tersebut rata-rata sama yakni nampak lemas yang tidak beranjak dari kandangnya. Kemudian menjelang siang ayam-ayam tersebut masih tergeletak mati.

Lantaran takut dengan penyakit yang diderita ayam-ayam tersebut maka mereka pun langsung membuang ayam-ayam itu ke sungai atau membakarnya secara langsung. “Jika nanti ayam-ayam tersebut dimasak akan menimbulkan penyakit, pertanyaan tersebut kami buang dengan cara membakarnya,” tutup Hendri.

Menyikapi banyaknya ayam-ayam tersebut yang mati, Pemkab Tubaba memastikan akan menelitinya ke lapangan agar dapat diketahui penyebabnya. ” Besok akan saya perintahkan kepada Dinas Kesehatan dan Peternakan Hewan untuk mengecek penyebab ayam ayam tersebut mati supaya dapat diketahui penyebab,” ungkap Sekda Tubaba, Hi. Herwan Sahri, M.A.P. tadi. (fei/ang)

Komentar

Rekomendasi