oleh

Tingkatkan Kerjasama Antar Perguruan Tinggi, UBL Teken MoU dengan UNS

RADARLAMPUNG.CO.ID — Melalui Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Universitas Bandar Lampung (UBL) melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta (UNS). Penandatanganan ini dilakukan oleh Dekan FEB UBL, Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E., M.A.Ec., dengan Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UNS, Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.S.I., di Ruang Rapat, Lantai 3, Gedung Rektorat, Kampus Drs. H. RM. Barusman UBL, Jumat (13/12/2019).

Dalam pembukaan, Dekan FEB UBL Dr. Andala Rama Putra Barusman, S.E., M.A.Ec., mengatakan mengenai sejarah hingga penghargaan yang sudah didapatkan oleh UBL. Yang mana belum lama ini UBL berhasil mendapatkan penghargaan sebagai Universitas Swasta Terbaik di LLDikti Wilayah Il, serta perolehan Akreditasi A pada semua Program Studi di FEB.

“Kami mengucapkan selamat datang di Provinsi Lampung, khususnya di UBL kepada rombongan dari UNS. Yang mana ini adalah Kampus A, yakni sebagian besar perkuliahan S1 diadakan disini, sedangkan untuk program S2 diadakan di Kampus B, Pascasarjana UBL. Kegiatan hari ini yang pertama adalah penandatangan MoU, yang tentunya diharapkan kerjasama ini sebagai bentuk sinergi antara kedua lembaga untuk langkah awal demi mewujudkan yang hubungan baik,” ujar Andala saat memberikan sambutannya.

Pada sambutannya, Andala Rama Putra juga turut memperkenalkan kebudayaan serta wisata-wisata di Provinsi Lampung, termasuk salam penyambutan khas milik Provinsi Lampung, agar dapat lebih dikenal luas oleh semua orang termasuk kepada para akademisi dari UNS.

MoU kali ini membahas kolaborasi antar dua universitas dalam penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang meliputi pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengembangan, serta pengabdian kepada masyarakat. Hal senada juga disampaikan oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FEB UNS, Dr. Izza Mafruhah, S.E., M.S.I., dirinya juga berharap setelah penandatanganan MoU ini, kerjasama kedua belah pihak harus terus berjalan dan memiliki aktivitas yang berkelanjutan.

“Rektor kami juga selalu menekankan bahwa setiap terjadi MoU, maka MoA juga harus dilaksanakan atau diimplementasikan. Di UNS jika berbicara mengenai format kerjasama itu ada tiga kerjasama penting yang menjadi payung aktivitas kita, pertama yakni staff exchange atau pertukaran antar dosen, yang mana disini para dosen dapat bertukar pengalaman. Lalu yang kedua ditindak lanjuti dengan student exchange, para mahasiswa bisa belajar bersama, dan berdiskusi. Dan yang ketiga itu berkaitan dengan publikasi, diharapkan para dosen kita dapat saling terlibat dalam program penelitian dan pengabdian, sehingga diharapkan kita dapat saling support” ungkap Izza.

Selain penandatangan MoU, kegiatan Workhop Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat juga digelar pada waktu yang sama untuk membahas lebih jauh mengenai program-program penelitian dan pengabdian kedepannya. (rls/sur)

Komentar

Rekomendasi