oleh

Awas DBD ! Diskes Tubaba Edarkan Himbauan ke Puskesmas

radarlampung.co.id- Memasuki musim hujan, Dinas Kesehatan (Diskes) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menerbitkan surat edaran berupa himbauan pencegahan penyakit menular Demam Berdarah Dengue (DBD) dalam rangka Kewaspadaan Dini terhadap Kejadian Luar Biasa (KLB) DBD.

Himbauan yang ditujukan kepada seluruh pimpinan Puskesmas di kabupaten setempat ini adalah upaya dalam mengantisipasi serangan DBD, mengingat kasus DBD di Tubaba sempat masuk kategori KLB pada 2016 silam, yakni tercatat mencapai 400-an kasus.

“Kita tidak menginginkan KLB DBD terjadi lagi di Tubaba, makanya sejak awal berbagai upaya pencegahan terus kita lakukan. Artinya seluruh perangkat yang ada kita gerakkan, bahkan hingga ke puskesmas dan tiyuh-tiyuh. Sejak jauh hari, surat himbauan Kewaspadaan Dini KLB DBD juga sudah kita edarkan ke puskesmas,”ungkap Herlinda, SKM, MM selaku Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, Senin (16/12) siang.

Sebagai bentuk kewaspadaan terhadap DBD, Diskes Tubaba juga secara rutin melakukan penyuluhan di berbagai kesempatan, bahkan disertai pemberian bubuk abate kepada masyarakat. Menurutnya, pemberian bubuk abate adalah langkah awal untuk mencegah berkembangnya jentik nyamuk Aedes Aegypti penyebab DBD. (fei/wdi)

Komentar

Rekomendasi