oleh

Jelang Nataru, BBPOM Bandarlampung Giatkan Sidak Pangan

radarlampung.co.id – Menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru), Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) melakukan intensifikasi pengawasan makanan seluruh kabupaten dan kota di Lampung.

Plt. Kepala BBPOM Bandarlampung Tri Suyarto mengatakan, kegiatan sidak pangan telah dilaksanakan sejak 1 Desember 2019. Sedangkan untuk sidak bersama Tim Terpadu Pangan (Timpangan) akan diatur Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung

“Kalau sidak yang dilakukan secara mandiri oleh BBPOM sudah sejak 1 Desember 2019 hingga 31 Desember 2019, sedangkan kalau sidak bersama pemerintah kabupaten/kota kita ikut jadwal Pemda setempet,” katanya kepada Radarlampung.co.id, Senin (16/12).

Untuk sidak yang dilakukan secara pribadi tiap daerah, pihaknya mengerahkan sebanyak delapan orang di setiap masing-masing daerah. Sedangkan untuk sidak bersama Timpangan, pihaknya sebanyak 4 orang.

Khusus untuk sidak bersama Timpangan Kota Bandarlampung akan dilaksanakan pada Minggu ini. Namun, waktu dan lokasi sidak belum disampaikan Pemda setempat. “Mereka yang atur kalau soal itu,” ujarnya.

Kegiatan sidak BBPOM menyasar Pasar, Mall, dan pedagang kaki lima, dalam memastikan kemasan, cek label, izin edar dan kadaluarsa.

Sejauh ini, dari hasil sidak yang dilakukan BBPOM Bandarlampung belum mendapatkan temuan. Lantaran sebelumnya, memang dari hasil sosialisasi agar para pedagang menghindari penjualan makanan yang tak berizin dan kalaluarsa. “Sejauh ini tidka ada temuan, semua aman,” tandasnya.

Bagi masyarakat yang menemukan ada temuan berupa makanan yang kemasannya rusak, tanpa label, izin edar atau kadaluarsa, dapat melaporkan langsung melalui Telepon (252) 212 WhatsApp 0812-7913-406. (apr/kyd)

Komentar

Rekomendasi