oleh

Bupati Tanggamus Launching Kendaraan Operasional Pelayanan Adminduk Mobile

radarlampung.co.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Tanggamus telah memiliki kendaraan operasional khusus pelayanan administrasi kependudukan. Keberadaan kendaraan operasional ini semakin memudahkan satuan kerja itu memberikan pelayanan mobile.

Operasional kendaraan di-launching langsung oleh Bupati Tanggamus Dewi Handajani usai upacara bulanan di lapangan pemkab, Selasa (17/12). ”Dengan adanya mobil pelayanan keliling ini, diharapkan mempermudah masyarakat dalam mengurus KTP elektronik, kartu identitas anak (KIA) dan akta lahir, ” kata Dewi Handajani.

Ditambahkan, Sekretaris Disdukcapil Tanggamus Darma Setiawan, ada tiga perangkat komputer pada mobil pelayanan keliling tersebut. Lengkap dengan peralatan perekaman data KTP elektronik. “Jadi yang di dalam mobil, ada dua unit dan satu lagi di tenda khusus melayani lansia serta disabilitas,” kata Darma.

Dilanjutkan, pelayanan keliling administrasi kependudukan merupakan salah satu dari 55 Aksi De-Sa Asik yang digagas Bupati dan Wakil  Bupati Tanggamus. “Untuk pelayanan administrasi kependudukan memang sudah lama dilaksanakan. Baik di daerah terpencil, sekolah dan lembaga pemasyarakatan. Dengan adanya mobil ini, maka semakin memudahkan kami memberikan pelayanan,” tukasnya.

Nantinya, terus Darma, warga yang datang saat mobil ini melaksanakan pelayanan cukup membawa kartu keluarga saja. Mobil mulai beroperasi Desember ini. Namun benar-benar aktif Januari tahun depan.

“Cukup bawa KK. Kalau belum rekam, tinggal rekam. KTP elektronik bisa jadi hari itu juga. Dengan dengan catatan tidak ada permasalahan jaringan dan blangko tersedia. Jika blangko kosong, maka kita siapkan surat keterangan (Suket) yang fungsinya sama seperti KTP elektronik,” urainya. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi