oleh

Kopari Lampung-Pemkab Sinergi Kembangkan Potensi Pariwisata Tanggamus

radarlampung.co.id – Tanggamus merupakan salah satu wilayah di Lampung yang memiliki potensi sumber daya alam melimpah. Mulai hutan tropis, air terjun maupun pantai yang indah. Potensi tersebut apabila dikelola dengan baik, tentu dapat memajukan ekonomi masyarakat.

Hal ini disampaikan Bupati Tanggamus Dewi Handajani saat menghadiri Deklarasi Koperasi Pariwisata Republik Indonesia (Kopari) Cabang Lampung di kompleks Pantai Muara Indah Kotaagung.

Menurut Dewi, selain potensi wisata alam, jika dilihat dari latar belakang budayanya, masyarakat Tanggamus masih melestarikan upacara adat yang unik dan hasil karya seni.   Untuk mengoptimalkan potensi tersebut, diperlukan kerja sama berbagai pihak, termasuk Kopari.

“Untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam mengelola dan mempromosikan pariwisata, saya menyambut baik terselenggaranya Deklarasi Kopari Cabang Lampung ini,” tegas Dewi Handajani.

Pada kesempatan itu, Dewi berharap para pengurus Kopari dan pelaku entrepreneur sukses dibidang wisata dapat menularkan ilmunya dengan berdiskusi, sehingga memberi banyak manfaat dalam mengelola produk UMKM dan destinasi wisata di Tanggamus agar lebih profesional.

Ia juga mengajak Kopari memberdayakan usaha-usaha rakyat berskala UMKM. Termasuk kelompok nelayan, petani dan petambak perajin.

“Kopari diharapkan dapat membantu sebagai perantara antara usaha anggota dengan memasarkan ke supermarket, minimarlet, hotel dan lain-lain,” harapnya.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Lampung Agus Nompitu memberikan apresiasi diselenggarakannya deklarasi Kopari. Ini dalam rangka menemukan konsep meningkatkan aktivitas koperasi. Baik secara kelembagaan maupun secara ekonomi dalam rangka meningkatkan kesejahteraan anggota.

Sementara Ketua Umum Kopari Yosef Tor Tulis berharap deklarasi tersebut menjadi model terdepan yang bisa mewujudkan visi dan misi Koparri memberdayakan komunitas destinasi maupun di luar lembaga.

”Saya juga setuju dan mendukung pernyataan Bupati Tanggamus. Daerah ini banyak sekali potensi wisatanya. Untuk itu, Kopari Lampung bisa bersinergi dengan pemkab dalam memberdayakan masyarakat di destinasi wisata guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Yosef.

Ketua panitia Agus Syafriansyah mengatakan, kegiatan ini mengenalkan pariwisata daerah di Lampung dan Tanggamus, khususnya ke masyarakat luas. Baik lokal maupun internasional. Kemudian terwujudnya kesejahteraan ekonomi di daerah  pariwisata Lampung dan Tanggamus serta pengenalan produk unggulan daerah. Kegiatan diikuti 300 peserta dari 10 kabupaten/kota se-Lampung. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi