oleh

Harga Bawang dan Telur di Pringsewu Naik

radarlampung.co.id – Inspeksi mendadak (sidak) yang dilakukan tim monitoring ketersediaan kebutuhan pokok Pemkab Pringsewu mendapati harga dua komoditas yang naik. Yakni bawang merah dan telur.

Kepala Diskoperindag Pringsewu Masykur didampingi Kabid Perdagangan Joko mengatakan, monitoring dilakukan menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Hasilnya, stok kebutuhan pokok tercukupi. Namun ada harga komoditas yang mulai naik.

Seperti bawang merah. Dari Rp25 ribu naik Rp30 ribu per kilogram. “Bahkan ada harga bawang merah sampai Rp35 ribu per kilogram. Kenaikan ini dipengaruhi faktor hujan. Banyak  bawang yang busuk,” kata Masykur.

Untuk telur, dari Rp19 ribu menjadi Rp21 ribu hingga Rp22 ribu per kilogram. “Kenaikannya berkisar Rp2 ribu sampai Rp3 ribu per kilogram,” sebut dia.

Bersamaan dengan itu, tim Dinas Kesehatan Pringsewu juga melakukan uji sampel. Pemeriksaan dilakukan di Pasar Induk Pringsewu pada bahan makanan bakso dan tahu.  “Alhamdulillah, hasilnya negatif. Tidak mengandung bahan berbahaya seperti boraks atau formalin,” tegasnya. (mul/sag/ais)

Komentar

Rekomendasi