oleh

Jenjang SD/MI Lampung Tengah Terbanyak Diakreditasi di Tahun 2019

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Akreditasi Nasional (BAN) S/M Provinsi Lampung mencatat, dari seluruh satuan pendidikan jenjang sekolah dasar/Madrasah, sekolah di Lampung Tengah terbanyak yang diakreditasi. Jumlah tersebut berasal dari 2.364 sekolah yang diakreditasi di tahun 2019.

Ketua BAN S/M Provinsi Lampung Prof Karwono mengungkapkan, dari jumlah 1.511 SD/MI di Lampung yang diakreditasi di tahun 2019, terbanyak berada di Lampung Tengah sebanyak 257 sekolah.

“Sedangkan, terendah di Kota Metro sebanyak 24 sekolah,” ujarnya, Kamis (19/12).

Ia menerangkan, dari jumlah 1.511 satuan pendidikan tersebut, sebesar 87 persen adalah SD atau sebanyak 1.314, dan madrasah sebesar 13 persen atau 197 madrasah.

Sedangkan, nilai rerata hasil akreditasi dari SD maupun MI dalam pemenuhan delapan standar nasional tersebut, adalah nilai standar pembiayaan yang mencapai 88 persen, dan jejang MI sebesar 87,24 persen. Sementara, nilai terendah pada standar sarana prasarana, sebesar 74,81 persen untuk SD, dan 74,5 persen untuk MI.

Dari hasil tersebut, lanjutnya, BAN S/M Provinsi Lampung memberikan rekomendasi kepada pemerintah daerah, maupun Kemenag untuk perlu memperbaiki kualitas sarana dan prasarana pendidikan jenjang SD/MI.

“Untuk meningkatkan mutu pendidikan, tentunya standar pendidik dan tenaga kependidikan perlu ditingkatkan, dengan memperhatikan indikator yang skornya rendah secara bertahap,”tandasnya.

Ia menambahkan, standar pendidik serta sarpras akan memberikan kontribusi terhadap standar isi, proses, kompetensi kelulusan, serta standar penilaian.

“Artinya, kedua standar (pendidik, dan sarpras, red) itu ditingkatkan, tentunya akan berdampak pada peningkatan standar lainnya,”pungkasnya.

Untuk diketahui, jumlah sekolah jenjang SD/MI di Provinsi Lampung yang harus diakreditasi di tahun 2019 sebanyak 2.472, dan sudah terakreditasi sebanyak 1.511. Hal tersebut karena Provinsi Lampung mendapatkan kuota sebanyak 2.365 sekolah. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi