oleh

Lewat Rembuk Pendidikan, Adipati Harapkan Kemajuan di Kabupaten Waykanan

RADARLAMPUNG.CO.ID – Sebagai salah satu bentuk kepeduliannya akan pembangunan di bidang pendidikan di Kabupaten Waykanan, Bupati Waykanan Raden Adipati Surya duduk bersama dengan Insan pendidikan di Kecamatan Bahuga guna merancang program untuk kemajuan dunia pendidikan di kecamatan tersebut di masa-masa yang akan datang.

Pada Pertemuan yang dinamai rembuk pendidikan masyarakat pendidikan Bahuga yang digelar di kampung Mesir Hilir Kecamatan Bahuga, Adipati -sapaan akrabnya- menyampaikan apresiasinya atas terlaksananya kegiatan tersebut dan berharap agar hasil dari pendidikan itu akan memberikan manfaat bagi kemajuan pendidikan di Kabupaten Waykanan khususnya.

“Seperti kita ketahui bersama bahwa pembangunan pendidikan merupakan salah satu prioritas utama pembangunan nasional dan pembangunan daerah. Pendidikan merupakan asfek penting dalam meningkatkan kualitas hidup manusia yang merupakan tanggungjawab pemerintah dan masyarakat,” ujarnya.

Dalam Undang-undang sistem kependidikan nasional bahwa tugas untuk menyukseskan program pencerdasan kehidupan bangsa melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bukanlah hanya tanggungjawab pemerintah semata, tetapi adalah tanggungjawab bersama antara pemerintah dan masyarakat guna menjadikan anak bangsa insan-insan yang cerdas dan memiliki wawasan luas akan ilmu dan teknologi (Iptek).

“Disamping itu pendidikan merupakan bagian dari prioritas lainnya, yaitu dalam upaya pengentas kemiskinan. Dengan peningkatan akses masyarakat terhadap fasilitas dasar pendidikan diharapkan mampu meningkatkan derajat pendidikan sehingga pada akhirnya akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kearah yang lebih baik,” bebernya.

Karena itulah lanjut Adipati Pemerintah Daerah dan juga para pemangku kepentingan bidang pendidikan hendaknya dapat bekerja lebih keras dan keikhlasan untuk melakukan berbagai upaya meningkatkan kemajuan pembangunan bidang pendidikan khususnya di Kabupaten Way Kanan.

“Pemerintah telah melakukan berbagai upaya dan membuat kebijakan untuk memajukan pembangunan dibidang pendidikan seperti merealisasikan 20 persen dari anggaran APBN untuk bidang pendidikan. Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan lain-lain. Kini tinggal kita semua para pemangku kepentingan untuk lebih serius lagi dalam bekerja sama mengelola semua potensi yang ada dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu pendidikan. Saya berharap dari Rembuk Pendidikan ini dapat memberikan andil untuk memajukan dunia pendidik di Kabupaten Way Kanan,” pungkasnya. (sah/ang)

Komentar

Rekomendasi