oleh

Kebakaran Lahan Dominasi Kasus yang Ditangani BPBD

radarlampung.co.id – Kebakaran lahan kosong mendominasi sepanjang 2019. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandarlampung mencatat, secara keseluruhan, ada 315 peristiwa kebakaran dilaporkan.

”Tahun ini kami mencatat sebanyak 315 kebakaran, khususnya lahan kosong. Sedang bentuk bangunan hanya beberapa jumlahnya,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Bandarlampung Sutarno, Jumat (20/12).

Dari kebakaran yang terhitung sejak April hingga November 2019, kebanyakan disebabkan kelalaian atau sengaja membakar lahan. ”Salah satunya mungkin faktor kurang pengetahuan. Kemudian kesengajaan membakar untuk membuka lahan baru, membakar sampah yang bisa merambat ke lahan atau membuang puntung rokok sembarangan,” urainya.

Sutarno menuturkan, berdasar data yang ada, kasus kebakaran tahun ini meningkat. Namun hal itu diimbangi dengan turunnya jumlah kerugian lalu.

“Ada yang beda, dari segi faktor kerugiannya. Lebih rendah dibandingkan tahun lalu. Karena pokok yang terbakar itu kebanyakan lahan,” sebut dia. (mel/ais)

Komentar

Rekomendasi