oleh

Parah, Jalan Alternatif Kotabumi Selatan Seperti Kubangan Kerbau

radarlampung.co.id – Warga sepanjang jalan jalur dua Kebun Empat, Kelurahan Kotaalam, Kecamatan Kotabumi Selatan, Kabupaten Lampung Utara(Lampura), mengeluhkan dengan kondisi jalan di daerahnya.

Sebab, selain bergelombang, jalan tersebut hampir seluruh badan jalan berlubang, sehingga ketika tergenang air hujan, nampak seperti kubangan kerbau ditengah kota.

Jalan penghubung antar kelurahan itu, merupakan jalan alternatif akses masyarakat Kecamatan Kotabumi Selatan, sudah hampir 10 tahun, jalan tersebut belum mendapat sentuhan pembangunan. Padahal, jalan di lingkungan itu merupakan akses lingkar Kota yang padat dengan kendaraan.

Idram Saputra (38) salah satu warga yang mengeluhkan kondisi jalan, pihaknya meminta agar segera diperbaiki. “Jalan inikan, jalan Pusat Kota. Selain akses utama penduduk, jalan ini menghubungkan Kelurahan Kotaalam dan desa Kebun lima. Terlebih jalan ini masih terhitung jalan perkotaan. Tapi nyatanya jalan sampai hancur seperti ini, tidak ada perbaikan dari pemerintah,” keluh pria dua anak ini, Jumat (20/12).

Menurutnya, kondisi jalan yang rusak, sangat mengganggu aktivitas warga. Apalagi jalan itu menjadi akses poros Kota yang dilintasi warga setiap hari. Jika saat turun hujan badan jalan licin sehingga banyak yang mengalami kecelakaan.

“Kalau kita nggak hati-hati, di sini sering banyak pengendara motor terguling dan pejalan kaki sering terpeleset. Apalagi sebagian badan jalannya ada berlubang dan bergelombang,” ucapnya.

Senada dikatakan Franki Saputra (38) salah seorang warga Perumahan Taman Nuwwo Maffan. Menurutnya, sepanjang jalan jalur dua kebun empat, hingga tembus ke Islamic Center Kotabumi mengalami rusak parah. Kondisi jalan yang rusak, dapat menghambat dan mengganggu aktivitas warga yang melintas.

“Iya, nggak pernah diperbaiki. Padahal, jalan itu digunakan warga sehari-hari. Warga harap, Bupati Lampura dalam hal ini Dinas PUPR Lampura dapat peka dalam menyikapi keluhan warganya,” pintanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Lampura, Syaheizal Adhar ketika dikonfirmasi diruang kerjanya mengaku, akan segera diusulkan perbaikannya melalui APBD tahun 2020 mendatang.

“Jalan yang rusak sesuai prioritas, pasti segera diperbaiki. Saat ini memang belum ada perbaikan, dikarenakan kondisi keuangan tahun 2019 memang kurang sehat,” terangnya.

Untuk itu, kata dia, pihaknya berharap kepada masyarakat agar dapat bersabar. Pihaknya berkeyakinan, ditahun 2020 mendatang jalan jalur dua kebun empat, yang masuk Kecamatan Kotabumi Selatan akan diperbaiki, mengingat jalan tersebut milik Kabupaten Lampura.

“Secepatnya akan kami perbaiki. Kondisinya memang sudah layak diperbaiki. Kita berdoa saja, tahun 2020 mendatang bisa diperbaiki,” pungkasnya (ozy/yud).

Komentar

Rekomendasi