oleh

Ribuan Personel Amankan Nataru

radarlampung.co.id – Sebanyak 1.792 personel dikerahkan untuk mengamankan Natal dan tahun baru 2020. Ini setelah Polresta Bandarlampung menggelar apel pasukan dalam rangka Operasi Lilin Krakatau 2019, di Lapangan Mapolresta setempat, Sabtu (21/12).

Kapolresta Bandarlampung AKBP Yan Budi Jaya menjelaskan, dari jumlah personel tersebut, akan ditempatkan dibeberapa titik, salah satunya di Pos Bambukuning Tanjungkarang Pusat Bandarlampung.

“Semuanya ada 790 pos. rinciannya 745 titik pos pelayanan dan 45 titik pos terpadu,” ungkap Yan Budi.

Dia menjelaskan, strategi yang diterapkan dalam operasi lilin, dengan mengedepankan tindakan prefentif yang di dukung kegiatan intelijen, berupa deteksi dini dan deteksi aksi serta penegakan hukum secara tegas dan profesional.

“Pada Operasi Lilin Krakatau ini, kami tidak hanya melibatkan aparat kepolisian. Tapi juga dari TNI ikut terlibat,” ujarnya.

Adapun jumlah personel yang terlibat dalam pengamanan Nataru, diantaranya 1 SST Gabungan Perwira Polresta, 2 SST Polantas Polresta, 1 SST Denpom II/3 LPG, 1 SST Kodim 0410/KBL, 1 SSK Polresta.

Kemudian, 1 SST Intelkam Polresta, 1 SST Reskrim Polresta, 1 SST Polwan Polresta, 1 SST Dishub Kota Bandarlampung, 1 SST Pemadam Kebakaran Kota Bandarlampung dan 1 SST Pramuka.

“Pelaksanaan Operasi Lilin Tahun 2019 ini merupakan operasi terpusat yang dilaksanakan dari hari Senin (23/12) hingga Rabu (1/1) dengan fokus pengamanan adalah 61.308 obyek di seluruh Indonesia baik gereja, tempat wisata, pusat perbelanjaan, obyek perayaan tahun baru, terminal, pelabuhan dan bandara,” pungkasnya. (ang/yud)

Komentar

Rekomendasi