oleh

BPBD Siagakan Tim Reaksi Cepat

radarlampung.co.id – Memasuki puncak musim penghujan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kebupaten Mesuji, kembali menyiapkan tim reaksi cepat (TRC) untuk mengantisipasi kejadian bencana.

“Tim reaksi cepat yang terdiri dari beberapa relawan yang tersebar di 7 kecamatan yang ada di Mesuji, disiapkan untuk memantau, melaporkan serta melakukan bantuan awal, apabila bencana terjadi disekitarnya terlebih saat ini kan sedang musim hujan,” ujar Kepala BPBD Mesuji Sahril, pada Minggu (22/12).

“Nah nantinya Tim TRC ini kita siagakan 24 jam menghadapi cuaca ekstrim. Kita memang tidak tahu yang namanya bencana kapan akan datang. Tapi kita berusaha pantau terus secara visual daerah yang dimungkinkan,” sambungnya.

Sementara itu, ia menyebutkan terkait antisipasi lainnya menghadapi musim penghujan, pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar menyikapi perpindahan musim kemarau ke musim hujan dengan langkah-langkan membenahi lingkungannya.

“Jika mereka ada di kawasan rendah, antisipasi memang barang-barang yang kiranya bisa terendam saat banjir untuk diletakkan ke lokasi yang lebih tinggi agar mengurangi kerugian material,” jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mesuji memetakan, tiga dari tujuh kecamatan di Mesuji berpotensi rawan banjir. Kecamatan rawan tersebut yakni Kecamatan Mesuji, Mesuji Timur, dan Kecamatan Rawajitu Utara. (muk/ang)

Komentar

Rekomendasi