oleh

Perdalam Ilmu Agama, SD Al Azhar Bandarlampung Gelar Pesantren Kilat

radarlampung.co.id – SD Al Azhar Lampung memberikan pendalaman ilmu agama melalui pesantren kilat yang diadakan setiap satu tahun sekali di akhir semester genap. Namun, untuk tahun ini diadakan di akhir semester ganjil, karena akhir semester genap bertepatan dengan Bulan Ramadhan. Pesantren dilaksanakan mulai 22 Desember hingga 26 Desember mendatang.

Abdul Manaf Ketua Pelaksana Pesantren Kilat Al Azhar Lampung angkatan 10 mengatakan, program pesantren kilat diperuntukkan bagi kelas V SD Al Azhar 1 dan SD Al Azhar 2 Bandarlampung. Siswa kelas V yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 365 siswa.

“Program ini wajib khusus kelas V, karena nanti anak-anak ini mendapatkan sertifikat. Dan sertifikat itu sebagai syarat utama untuk mendapatkan ijazah untuk kelulusan nanti,” kata Abdul, Senin (23/12).

Ia juga menjelaskan, tujuan pesantren kilat untuk membentuk karakter siswa dengan momen pesantren kilat merupakan sarana yang tepat untuk mengisi liburan anak-anak, di mana mereka dididik dan dilatih, serta dibiasakan untuk bersikap mandiri.

“Selain itu juga beradab. Beradab kepada orang yang dituakan, khususnya kalau di lingkungan sekolah itu kepala sekolah, guru, dan karyawan sekolah. Kalau di rumah itu orang tua,” jelasnya.

Lanjutnya, pembiasaan melaksanakan ibadah juga diterapkan, diantaranya shalat wajib 5 waktu, juga shalat tahajud, dan hafalan. Selain itu juga, ada pemberian materi tentang ilmu agama.

“Untuk kelas V ini ada program tahfiz. Jadi ada empat surat hafalan yang dibagi dua, di semester I itu ada dua surat, semester II juga dua surat,” imbuhnya.

Pihaknya berharap, dengan pesantren kilat yang dilaksanakan, anak-anak terbiasa untuk bersikap mandiri sebagaimana yang sudah dibiasakan di kegiatan pesantren.

“Dan juga anak-anak sudah mulai ringan untuk menjalankan ibadah, terutama shalat lima waktu di waktu yang tepat. Kemudian, membiasakan diri melaksanakan shalat sunnah, seperti shalat tahajud, dan shalat dhuha,” pungkasnya. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi