oleh

PT Natarang Mining Klaim CSR Rp1,4 M, Faktanya, Hanya Segini

radarlampung.co.id – Klaim manajemen PT Natarang Mining (NM) yang telah menyalurkan tanggung jawab sosial berupa corporate social responsibility (CSR) kepada masyarakat sekitar wilayah pertambangan, dipertanyakan. Terlebih, nilai dikucurkan disebut mencapai Rp1,4 mliar.

Pj. Peratin Bandaragung, Kecamatan Bandarnegeri Suoh (BNS) Mandala Harto mengatakan, pihaknya meminta para pemangku untuk menginventarisasi bantuan yang diterima dari PT NM.

Hasilnya, klaim CSR yang disampaikan PT NM untuk delapan pemangku di Pekon Bandaragung harus dipertanyakan. Sebab jika dijumlahkan sejak 2017 hingga 2019, besaran bantuan yang diberikan tidak sesuai dengan pernyataan pihak perusahaan.

”Hasil pendataan di lapangan yang dilaporkan para pemangku, bantuan yang diterima tahun 2017 hanya Rp1 juta, untuk perayaan HUT RI di SDS. Kemudian bantuan mebeler sebanyak 20 unit di SDS Muara Dua dan beasiswa berprestasi sebanyak dua orang, masing-masing Rp500 ribu. Jadi, dari mana angka Rp1,4 miliar seperti yang mereka sampaikan,” tanya Mandala.

Kemudian pada 2018, SDS Muara Dua kembali menerima bantuan untuk HUT RI sebesar Rp500 ribu, material keramik 40 dus, dan beasiswa murid berprestasi sebesar Rp500 ribu dengan jumlah dua siswa.

Pada 2019, Pemangku Sidodadi mendapatkan bantuan semen sebanyak 10 zak, tangki air 1.000 liter satu unit, tangki air 500 liter dua unit, pipa paralon dua inci 100 batang dan pipa paralon 1,5 inci sebanyak 150 batang. ”Bantuan tersebut untuk sarana air bersih masyarakat,” jelasnya.

Komentar

Rekomendasi