oleh

Armada Sampah di Pesawaran Belum Ideal

radarlampung.co.id – Dinas Lingkungan Hidup Pesawaran baru memiliki tiga armada dumptruck untuk mengangkut sampah rumah tangga menuju tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Tamansari Gedongtataan. Sementara idealnya, satu kecamatan satu armada.

”Kita selalu mengusulkan, namun keterbatasan anggaran. Termasuk mengajukan ke pemerintah pusat. Kita kan, ada sekitar lima pasar pemda. Paling tidak, masing-masing pasar ada armada,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pesawaran, Sopyan Agani, Selasa (24/12).

Menurut dia, untuk mengatasi pengangkutan sampah rumah tangga di Pesawaran, Dinas Lingkungan Hidup menerapkan dua pola. Yakni dikelola secara langsung oleh satuan kerja itu dan desa.

Baca :   Tanamkan Budaya Bersih lewat Lomba Senam 3S

Terkait pengangkutan sampah, Pemkab Pesawaran memberikan kendaraan roda tiga untuk desa. “Dari 148 desa, kalau tidak salah sudah 125 desa diberikan bantuan kendaraan pengangkut sampah. Kita berharap masing-masing desa sudah ada kelompok sadar lingkungan. Kapasitas sampah yang kita kelola sekitar 20 ton per hari,” ucapnya. (ozi/ais)

 

Komentar

Rekomendasi