oleh

Dewan Dakwah Latih Ratusan Khotib se-Lampung untuk Rekatkan Umat

radarlampung.co.id– Dewan Dakwah Lampung menggelar pelatihan untuk para khotib masjid se Lampung di Masjid Ad-Du’a, Wayhalim, Bandarlampung, Rabu (25/12). Pelatihan tersebut bertujuan untuk melahirkan khatib jumat yang bisa berperan sebagai pengawal akidah dan perekat umat.

Pelatihan diikuti 150 orang dari86 masjid se-Lampung. Kegiatan sehari itu dilaksanakan pukul 08.00-15.00 WIB.  Menurut Ketua pelaksana Firman, di era globalisasi saat ini khotib Jumat harus teguh menjaga akidah umat. Lantaran, lanjutnya, banyak paham yang menyimpang.

Selain itu, menurutnya, pelatihan diharapkan mampu untuk merekatkan umat dan menjaga keutuhan NKRI dari pengaruh faham sesat. “Karena khotib jumatlah yg sangat berperan dalam mengarahkan umat dalam beragama,” katanya dalam keterangan pers yang diterima wartawan Rabu (25/12).

Pelatihan sehari itu dibagi jadi tiga sesi. Sesi pertama menampilkan pembicara KH. Mukhlis Solihin yang menjabarkan teknik pidato. Kemudian sesi berikutnya diisi KH. Hafi Suyanto, Lc, yang mengulas fiqh seputar sholat dan ustaz Budi Suseno Setio Budi yang mengulas tahsin Al-Fatihah.

Salah satu peserta perwakilan dari Masjid Nurul Iman Pengajaran, Rahman Mustofa, berharap kegiatan ini mampu menjadi kegiatan yang meregenerasi khotib-khotib yang sudah tua. Hal senada juga disampaikan dari khotib masjid Taqwa Karang, Adam Sikumbang. Menurutnya, kegiatan ini sangat baik serta perlu ada tindak lanjut ke depan. (rls/wdi)



Komentar

Rekomendasi