oleh

Siap-siap, Besok Ada Gerhana Matahari Cincin

radarlampung.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lampung memprediksi terjadi gerhana matahari cincin, Kamis (26/12). Namun ini hanya bisa disaksikan oleh masyarakat yang tinggal pada beberapa wilayah saja.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto membenarkan adanya fenomena gerhana matahari cincin tersebut. ”Iya benar. Besok ada GMC. Gerhana kelima selama 2019,” kata Rudy, Rabu (25/12).

Menurut dia, BMKG Lampung memprediksi cuaca atau intensitas hujan cukup tinggi dan terhalang jika ingin melihat fenomena GMC pada pukul 10.35 WIB. “Tetapi untuk yang ada di wilayah Gunungsugih, Sukadana, dan Pringsewu sepertinya pada siang hari besok potensi hujan cukup besar. Jadi bisa sulit untuk menyaksikannya. Untuk Bandarlampung, cerah berawan,” ungkapnya.

Namun, jika tidak bisa melihatnya secara langsung karena tertutup akibat pengaruh cuaca, masyarakat bisa menyaksikan melalui live streaming BMKG.

“Proses gerhana matahari cincin bisa disaksikan melalui streaming YouTube pada akun InfoBMKG atau melalui website BMKG https://www.bmkg.go.id/gmc/,” sebut dia. (mel/ais)

 

Komentar

Rekomendasi