oleh

Sudah 596 Jenjang SMP dan MTs di Akreditasi Sepanjang Tahun 2019

radarlampung.co.id – Sebanyak 596 satuan pendidikan jenjang SMP dan MTs yang telah diakreditasi selama tahun 2019. Meskipun begitu masih ada SMP maupun MTs yang belum terakreditasi maupun yang harus mengakreditasi kembali karena masa akreditasi telah habis.

Ketua Badan Akreditasi Nasional (BAN) S/M Provinsi Lampung, Prof Karwono menuturkan, selama tahun 2019, pihaknya telah mengakreditasi sebanyak 596 SMP/MTs yang terdiri dari 412 SMP, dan 184 MTs. “Dari hasil akreditasi jenjang SMP, sekolah yang terakreditasi sebanyak 408 SMP, dan 184 MTs. Sedangkan 4 SMP tidak terakreditasi,” kata Karwono, Rabu (25/12).

Lanjutnya, akreditasi terbanyak berada di Lampung Tengah sebanyak 113 sekolah, sedangkan terkecil berada di Pesisir Barat sebanyak 15 sekolah.

Sementara, dikatakannya, standar isi meraih rerata nilai tertinggi pada jenjang SMP, sedangkan pada jenjang MTs , standar pembiayaan meraih rerata nilai tertinggi. Standar isi berhubungan dengan kurikulum, bagaimana pemilihan materi pelajaran dalam proses belajar mengajar.

“Standar sarpras tetap yang memiliki nilai rendah. Sehingga, karena standar pembiayaan untuk SMP maupun MTs menempati skor tertinggi, maka kami menyarankan pengalokasian sumber pembiayaan dipriotitaskan pada pemenuhan indikator sarpras,” terangnya.

Ia menambahkan, pihaknya pun mengimbau kepada sekolah yang belum terakreditasi maupun yang akan habis masa akreditasi, untuk segera mengurusnya. Sebab, akreditasi sangat penting untuk menentukan kelayakan program, dan satuan pendidikan pada jalur pendidikan formal maupun tidak formal. (rur/ang)

Komentar

Rekomendasi