oleh

Lantik 168 Kakam, Loekman Ingatkan Hati-Hati Gunakan Dana Desa!

radarlampung.co.id – Sebanyak 168 kepala kampung (Kakam) dari 28 kecamatan dilantik di Gedung Sesat Agung Nuwo Balak, Kamis (26/12). Bupati Lamteng Loekman Djoyosoemarto mengingatkan Kakam berhati-hati dalam mengelola alokasi dana desa (ADD) dan alokasi dana kampung (ADK).

“Ketika menyematkan tanda di bahu kalian, saya ingatkan agar hati-hati dalam mengelola ADD dan ADK. Dana yang dikelola tidak kecil, tapi cukup besar,” pesannya.

Dalam mengelola ADD dan ADK, kata Loekman, jangan semau-semau. “Jangan semau kita mengelola ADD dan ADK atau dari hasil pemikiran. Musyawarahkan dengan masyarakat. Jangan arogan! Laksanakan apa sebetulnya nafas pengucuran ADD dan ADK. Tujuan pemerintah untuk memberdayakan masyarakat. Utamakan gunakan bahan lokal dan tenaga kerja lokal. Selain pembangunan fisik, dana desa juga untuk pembangunan kesejahteraan masyarakat. Meningkatkan derajat perekonomian masyarakat,” ujarnya.

Penggunaan ADD dan ADK, kata Loekman, harus dipahami. “Dana desa diharapkan berputar terus. Jangan gunakan tenaga luar dan produk luar dalam pembangunan fisik. Manfatkan semaksimal mungkin untuk kesejahteraan demi kemajuan kampung. Buat BUMK untuk kemandirian kampung. Jangan justru dana desa jadi malapetaka. Ayo sama-sama membangun Lamteng,” ungkapnya.

Setelah pelantikan ini, kata Loekman, hindari perpecahan karena perbedaan pilihan. “Hindari perpecahan, perbedaan, lepaskan atribut yang lalu. Konsekuesi jadi Kakam melindungi semua potensi yang ada dan masyarakatnay. Semua warga keluarga. Setelah dilantik, jangan langsung menyusun kabinet baru. Usahakan dibina. Pemimpin yang sukses bisa mengubah jajaran yang jelek jadi baik. Jangan gunakan kekuasaan untuk memenuhi nafsu. Pada Sepetember 2020, pilkada serentak. Sukseskan pesta demokrasi serta jangan ada gejolak dan kerusuhan. Bagi Kakam yang baru, jangan segan-segan bertanya kalau belum tahu,” tegasnya.

Dalam pelantikan hadir Sekkab Lamteng Adi Erlansyah, Asisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Lamteng Kusuma Riyadi, Kapolres Lamteng AKBP I Made Rasma Jemy, Dandim 0411/LT Letkol CZI Burhannudin, Kajari Lamteng Mansyur Majdid, sejumlah kepala OPD, dll. (sya/ang)

Komentar

Rekomendasi