oleh

Tanggamus Bersiap Jadi Kabupaten Gisa

radarlampung.co.id – Pekon Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (Gisa) di-launching di Pekon Soponyono, Kecamatan Wonosobo. Wilayah ini merupakan pekon pertama di Tanggamus yang 100 persen administrasi kependudukannya lengkap.

Launching Pekon Gisa yang berlangsung di SMP Muhammadiyah Wonosobo, Kamis (27/12) tersebut dihadiri Bupati Dewi Handajani, Sekkab Hamid H. Lubis, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Lampung Achmad Saefullah serta pejabat lainnya.

Sekretaris Disdukcapil Tanggamus Darma Setiawan menyampaikan, Soponyono merupakan pekon atau desa pertama di Lampung yang sudah 100 persen masyarakatnya sadar administrasi kependudukan.

Baca :   Pilkakon Ditunda, Tahapan Tetap Jalan  

Launching tersebut diharapkan dapat memicu pekon lain agar sadar administrasi kependudukan. Meliputi KTP elektronik, KK, Kartu Identitas Anak (KIA), akta kelahiran dan akta kematian.

“Dengan Soponyono sebagai Pekon Gisa, agar diikuti pekon lain sehingga terbentuk Kecamatan Gisa bahkan Kabupaten Gisa,” kata Darma.

Kepala Disdukcapil Lampung Achmad Saefullah memberikan apresiasi atas capaian Pekon Soponyono yang sudah 100 persen sadar administrasi kependudukan. Menurut dia, ini yang pertama di Lampung dan berharap jadi pemicu bagi daerah lain.

Sementara Bupati Tanggamus Dewi Handajani juga menyambut baik launching Pekon Gisa, yang merupakan salah satu upaya peningkatan pelayanan administrasi kependudukan.

Baca :   Pilkakon Ditunda, Tahapan Tetap Jalan  

“Melalui launching Pekon Gisa ini, saya berharap kepada seluruh pemangku kepentingan, terutama para camat, kepala pekon dan tokoh masyarakat untuk dapat membantu mengimbau masyarakat agar segera mengurus dokumen kependudukan, “kata Dewi.

Bupati berharap setelah Pekon Soponyono, maka kecamatan bisa menyusul sebagai Kecamatan Gisa begitu juga dengan kabupaten. “Targetnya 2020, sudah ada Kecamatan Gisa. Bila perlu kabupaten juga Gisa. Itu bisa terwujud kalau semua bersinergi dan saling mendukung,” tegasnya. (ral/ehl/ais)

Komentar

Rekomendasi